Panduan Cara Makan Chia Seed Agar Mudah Ditelan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi chia seed dalam campuran yogurt dan buah-buahan. Pixabay.com

Ilustrasi chia seed dalam campuran yogurt dan buah-buahan. Pixabay.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Ragam manfaat chia seed untuk kesehatan tubuh, terutama karena kandungan antioksidan dan seratnya yang cukup tinggi. Namun, untuk mengonsumsi biji-bijian kecil yang mirip selasih ini tidak bisa sembarangan. Harus ada panduan yang diikuti agar Anda mendapatkan manfaat, bukan masalah baru. 

Sebelum mengonsumsi chia seed, sebaiknya pahami dulu karakter makanan ini dan bagaimana cara mengonsumsinya. Ada sebuah kasus di mana seorang pria punya masalah menelan karena mengalami penyumbatan kerongkongan setelah mengonsumsi satu sendok makan chia seed kering dan meminum segelas air.

Chia seed yang ada di kerongkongannya pun mengembang, dan membentuk gel tebal sehingga tidak dapat ditelan. Akhirnya ia mendapatkan perawatan medis.

Belajar dari kasus itu, sangat penting untuk mencampurkan chia seed ke dalam makanan atau cairan lain sebelum dikonsumsi. Selain itu, anak kecil juga tidak dianjurkan mengonsumsi chia seed karena dikhawatirkan akan mengalami kesulitan menelan.

Terlalu banyak mengonsumsi chia seed yang memang tinggi serat turut menyebabkan masalah pada pencernaan, seperti sakit perut, sembelit, diare, perut kembung dan bergas.

Apalagi jika Anda tidak terhidrasi dengan baik, yang ada malah bisa memperburuk masalah pencernaan. Penting bagi Anda untuk tidak mengonsumsi chia seed secara berlebihan.

Beberapa orang juga dapat mengalami alergi terhadap biji-bijian ini dan mengalami gejala, seperti gangguan pencernaan, gatal-gatal, dan pembengkakan setelah mengonsumsinya. Jadi, sebelum mengonsumsinya, pastikan bahwa Anda tidak memiliki alergi sebelum mengonsumsinya. Namun, jika ketika mengonsumsi chia seed timbul gejala alergi, segera periksakan diri Anda ke dokter.

Jika tertarik mengonsumsi chia seed, Anda dapat menaburkannya pada sereal, yoghurt, oatmeal, puding atau smoothie. Selain itu, biji ini juga bisa diolah sebagai bahan tambahan untuk roti ataupun kue. Chia seed dapat menjadi pengganti telur dalam memasak kue.

Caranya dengan mencampurkan satu sendok makan chia seed dengan 3 sendok makan air, lalu diamkan selama beberapa menit. Selanjutnya, chia seed pun akan mengembang di air dan terbentuk gel yang dapat digunakan sebagai pengganti telur.

Chia seed banyak dijual di toko makanan organik, bisa dalam bentuk biji asli ataupun sudah menjadi olahan, seperti sereal ataupun kue.

SEHATQ

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."