4 Langkah Perawatan Kulit Mochi Skin ala Wanita Jepang

Reporter: Mila Novita
Editor: Yunia Pratiwi
Minggu, 8 September 2019 10:30 WIB
4 Langkah Perawatan Kulit Mochi Skin ala Wanita Jepang

CANTIKA.COM, Jakarta - Setelah tren perawatan kulit ala Korea dengan 8-10 langkah untuk menghasilkan glass skin alias kulit kaca, sempat booming kini tren baru datang dari negeri Jepang. Perawatan kulit ini dikenal dengan mochi skin alias kulit mochi yang mungkin saja bisa menyaingi perawatan kulit ala Korea.

Mochi skin ditandai dengan kulit yang lembut dan kenyal. Kulit ini juga dikenal sebagai 'mochi hada' atau 'kulit kue beras', diambil dari nama hidangan penutup Jepang yang lembut dan montok. Berbeda dengan glass skin yang berfokus pada kulit yang dewy dan tanpa cacat, mochi skin mengutamakan tekstur kenyal pada kulit.

Namun jika dibandingkan Korea yang langkahnya banyak, perawatan kulit ala Jepang atau J-beauty cukup santai. Mereka merasa penggunaan banyak produk tidak terlalu dibutuhkan. J-beauty percaya, lebih sedikit produk yang alami dan aman dapat membuat kulit lebih sehat dan kenyal. 

1. Double cleansing
Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah membersihkan wajah. Sama seperti perawatan ala Korea, perempuan Jepang juga menerapkan dua langkah mencuci muka. Meski sama, tujuan utama keduanya berbeda. Jika perawatan ala K-beauty untuk membersihkan makeup sedangkan perawatan J-beauty untuk membersihkan kotoran dan polusi, seperti dilansir dari laman Boldsky. Langkah awal adalah menggunakan minyak wajah untuk menghilangkan kotoran, dilanjutkan dengan mencuci muka dengan sabun khusus.

2. Mengaplikasikan losion wajah
Langkah selanjutnya adalah mengaplikasikan losion di seluruh wajah Anda. Losion wajah Jepang cukup populer untuk mendapatkan kulit mochi. Losion wajah pada dasarnya mengkondisikan wajah Anda dan menyiapkannya untuk langkah-langkah makeup selanjutnya. Losion wajah memiliki tekstur yang mirip dengan air dengan fungsi yang mirip toner. Bedanya, losion wajah tidak menyengat seperti toner dan menambah hidrasi ke kulit.

3. Melembapkan wajah
Setelah mengaplikasikan losion, selanjutnya adalah mengoleskan pelembap ke wajah. Inilah yang menghasilkan kulit lembut dan kenyal ala mocha skin. Losion yang digunakan sebelumnya sebenarnya sudah cukup melembapkan, tapi menambahkan pelembap bernutrisi akan membuatnya lebih tahan lama. Anda juga bisa menggunakan minyak wajah atau serum alih-alih krim untuk melembapkan wajah.

4. Menggunakan tabir surya
Dalam rutinitas perawatan kulit apa pun, menggunakan tabir surya tidak boleh dilewatkan. Sinar matahari dapat merusak kulit Anda dan menyebabkan berbagai masalah kulit. Sebab itu, untuk mendapatkan kulit montok dan kenyal, perlu untuk melindungi kulit dari sinar ultraviolet matahari. Itulah langkah terakhir dari rutinitas J-beauty.

Berbeda dengan perawatan ala Korea yang merekomendasikan eksfoliasi secara rutin, rutinitas J-beauty malah hampir tidak mencantumkan langkah ini. Alasannya, pengelupasan kulit dapat membuat kulit lebih tipis sehingga mudah rusak. Jadi, lebih baik berfokus pada pembersihan.

Selain perawatan dari luar, para pengikut J-beauty juga menjaga asupan makanan. Jadi, jika Anda ingin mendapatkan kulit mochi yang lembut dan kenyal, perhatikan apa yang Anda masukkan ke dalam. Pola makan sehat dan menjaga tubuh tetap aktif adalah beberapa cara efektif untuk mendapatkan mochi skin.