7 Makanan yang Melindungi Kulit dari Efek Buruk Sinar Matahari

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita makan buah dan sayur. shutterstock.com

Ilustrasi wanita makan buah dan sayur. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Tak bosan-bosan kita diingatkan oleh pakar kecantikan dan spesialis kulit untuk selalu memakai tabir surya saat beraktivitas di luar ruangan. Tujuannya tentu untuk melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB matahari. Akan tetapi sejumlah peneliti percaya bahwa mengonsumsi makanan tertentu juga bisa mencegah kerusakan kulit dari efek buruk sinar matahari.

Beberapa makanan mengandung gizi tertentu diyakini membantu kulit memperbaiki dirinya sendiri. Kerusakan kulit itu salah satunya dipicu berkurangnya antioksidan dalam darah Anda ketika terpapar sinar matahari. 

"Salad bukanlah pengganti sunblock, namun ada beberapa makanan khusus yang dapat menambah perlindungan dari dalam tubuh terhadap sengatan matahari dan kerutan," kata Amanda Von Dem Hagen, spesialis kulit di Glo Skin Beauty, Inggris. 

"Ada begitu banyak komponen yang bisa Anda konsumsi dari makanan yang membawa efek perlindungan berbeda. Sebagian besar mekanisme berhubungan dengan antioksidan yang berfungsi sebagai senyawa anti-penuaan dalam makanan." Secara umum, Anda bisa mengonsumsi sayuran atau buah-buahan yang memiliki pigmen oranye dan merah karena mengandung karotenoid.

 

Melansir laman Mirror berikut sejumlah makanan yang bisa memperbaiki kerusakan kulit akibat sinar matahari.

1. Delima

Delima memiliki kandungan antioksidan yang tinggi dan telah ditemukan menawarkan manfaat anti-inflamasi pada kulit. Para ilmuwan telah menemukan bahwa gizi dalam buah delima dapat mengurangi kemampuan radiasi UVB di mana dapat menyebabkan kanker dalam sel-sel kulit. Selain itu, minyak biji delima diketahui kayak akan asam ellagic atau antioksidan polifenol sehingga berguna untuk mencegah kanker kulit.

2. Jamur Cremini

Jamur cremini memiliki salah satu konten selenium tertinggi. Mineral jenis ini diperlukan untuk membuat salah satu antioksidan tubuh yang paling kuat, glutathione peroxidase, yang melawan senyawa yang merusak yang disebut radikal bebas yang terbentuk di kulit selama paparan sinar matahari. Mereka juga merupakan sumber vitamin B yang bagus dan berguna untuk membuat sel-sel kulit baru yang tampak awet muda.

3. Ceri

Ceri Tart Montmorency adalah sumber antioksidan melatonin terbaik yang bisa Anda konsumsi. Melatonin berguna untuk melindungi kulit dari radiasi ultraviolet. Para peneliti telah menemukan bahwa nutrisi ini membantu memperbaiki kulit yang terbakar karena merangsang pertumbuhan sel kulit baru. Ceri juga merupakan sumber vitamin C yang dibutuhkan untuk membangun kolagen.

ilustrasi buah tomat. Shutterstock.com

4. Tomat

Tomat merupakan sumber antioksidan likopen yang mampu melindungi kulit dari kerusakan sinar UV. Likopen memberi warna pada tomat dan menetralkan molekul berbahaya yang diproduksi di kulit akibat terpapar sinar ultra violet matahari.
Kerusakan yang ditimbulkan oleh radikal bebas pada struktur kulit dan DNA dapat menyebabkan penuaan dini dan kanker kulit. Tomat juga dikenal sebagai anti-inflamasi yang berarti meredakan kemerahan dari sinar matahari terlalu lama.

5. Mentega Almond

Dengan kandungan vitamin E yang tinggi, almond dapat menyembuhkan kerusakan akibat sinar matahari dan menjaga kulit tetap lembap dan halus. Ini bisa menjadi topping smoothie Anda dan sangat cocok dipadukan dengan pisang.

6. Ubi

Sama seperti wortel, ubi juga mengandung beta-karoten. Antioksidan ini dikonversi menjadi vitamin A dalam tubuh yang berguna menjaga kulit tetap halus dan sehat. Selain itu, antioksidan ini juga membantu produksi kolagen. Dengan mengonsumsi ubi jalar juga berfungsi sebagai tabir surya alami.

7. Wortel

Wortel mengandung beta-karoten yang tidak hanya melindungi terhadap kerusakan akibat sinar matahari, tetapi juga dapat membantu melindungi kulit karena memiliki sifat tabir surya alami. Wortel juga mengandung biotin, sejenis vitamin B yang merangsang pertumbuhan rambut sehat dan pertumbuhan kuku yang cepat.

GALUH PUTRI RIYANTO

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."