Kenali Manfaat Masker Minyak Zaitun untuk Rambut Berkilau

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi minyak zaitun (pixabay.com)

Ilustrasi minyak zaitun (pixabay.com)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Banyak perempuan yang mengaplikasikan produk perawatan demi tampilan rambut berkilau. Di antaranya memakai semprotan rambut berbahan susu serta mengonsumsi kolagen dan suplemen biotin. Sementara bahan alami yang direkomendasikan agar rambut berkilau adalah masker rambut minyak zaitun.

Minyak zaitun tidak hanya dikenal mengandung gizi penting di dalam pola diet Mediterania, tetapi juga kunci untuk kesehatan rambut menurut para ahli kecantikan. Berkat kandungan asam lemak dan vitamin yang baik untuk kesehatan rambut.

“Minyak zaitun telah dikenal selama berabad-abad sebagai bahan pokok kecantikan, digunakan secara turun-temurun oleh orang Mesir, Romawi, dan Yunani,” papar Lanaia Edwards, direktur senior pemasaran untuk Nubian Heritage di laman Well and Good.

"Minyak zaitun adalah bahan bergizi tinggi yang kaya akan vitamin A dan E, antioksidan, serta asam lemak omega-3, yang menyuburkan rambut dengan mencukupi kebutuhan air."

Selain kaya akan kandungan gizi, minyak zaitun juga mencegah kerusakan rambut. "Sebuah studi tentang pentingnya minyak dalam menjaga kesehatan rambut menyimpulkan bahwa minyak melindungi rambut dari kerusakan dengan menembus batang rambut, mengurangi jumlah air yang mampu diserap rambut, sehingga mencegah pembengkakan pada batang rambut," jelas Debbi Burnes pendiri produk perawatan kulit Sumbody.

Para peneliti yang sama juga menemukan bahwa rambut bisa menyerap minyak jenuh dan mono-jenuh lebih baik daripada yang tidak jenuh ganda. Hal itu menandakan pemakaian minyak pada rambut tidak masalah dan minyak zaitun adalah pilihan yang baik.

minyak zaitun (pixabay.com)

"Penggunaan masker minyak zaitun bisa membuat rambut berkilau, lembut, terlindungi, dan menutrisi," kata Burnes. Anda juga mengoleskaan sisa masker minyak zaitun ke wajah, kuku, hingga tubuh sebab berkhasiat melembapkan seperti minyak kelapa.

"Minyak zaitun bisa digunakan ke semua jenis rambut karena asam lemaknya yang reparatif," ucap Edwards. Namun, jika Anda memiliki rambut yang lebih halus, ia menyarankan untuk mulai dengan beberapa tetes agar rambut Anda tidak lebih tebal. Sementara bagi yang memiliki rambut lebih tebal dan kasar bisa menerapkan masker lebih banyak untuk melihat hasilnya.

"Bagi mereka yang memiliki rambut kasar atau kering, Anda akan melihat manfaat langsung setelah penggunaan," katanya. Mereka yang memiliki jenis rambut cenderung berminyak, terlebih dahulu mengurangi minyak di rambut sebelum memakai masker. "Rambut seharusnya tidak terasa berminyak setelah perawatan," Burnes menjelaskan.

Ia menyarankan untuk memakai masker minyak zaitun satu sampai dua kali dalam sebulan. "Jika Anda memiliki rambut berminyak, lakukan sebulan sekali. Bagi Anda yang memiliki rambut yang kering dan keriting, Anda bisa menggunakan seminggu sekali,” tutur Burnes.

Selanjutnya cara membuat masker minyak zaitun

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."