8 Bahan Alami untuk Membersihkan Ginjal, Ada Lemon dan Kunyit

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi kunyit. Ndtv.com

Ilustrasi kunyit. Ndtv.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Seperti yang kita ketahui bersama ginjal Anda bertanggung jawab untuk mengeluarkan produk limbah dari tubuh. Jika Anda memiliki hipertensi, diabetes, atau pengerasan pembuluh darah, Anda mungkin menderita penyakit ginjal dan mencegah ginjal Anda melakukan pekerjaan yang seharusnya. Oleh karena itu, pola makan sehat dapat membantu kerja organ ginjal kita.

Berikut ini sejumlah bahan yang bermanfaat untuk membantu membersihkan ginjal Anda seperti dikutip dari laman HHD Research dan The Sun.

1. Sayuran Hijau

Sayuran hijau kaya akan Vitamin C, Vitamin K, serat, dan folat. Sayuran juga bisa mengurangi tekanan darah Anda, menyeimbangkan gula darah Anda, dan mengurangi stres ginjal. Bagian terbaiknya adalah sayur bisa bermanfaat untuk menu diet Anda.

2. Kranberi

Semua orang tahu bahwa jus kranberi dapat bermanfaat untuk infeksi saluran kemih, tetapi apakah Anda tahu jus kranberi juga dapat membantu ginjal Anda? Minum jus kranberi dapat membersihkan ginjal Anda dari salah satu penyebab utama batu ginjal - kalsium oksalat. Namun, penting untuk memilih jus kranberi organik atau bebas aditif. Bila Anda memilih makan buah kranberi itu juga lebih baik.

3. Kunyit

Peradangan dalam tubuh Anda dapat menyebabkan berbagai kondisi, salah satunya penyakit ginjal. Untuk membersihkan ginjal Anda, kunyit salah satu yang direkomendasikan. Kunyit mengandung curcumin yang menawarkan sifat anti-inflamasi. Kandungan ini juga bermanfaat untuk memerangi penyakit ginjal dan batu ginjal. Tambahkan kunyit ke dalam nasi, kari, semur, atau bahkan dimasukkan dalam smoothies.

4. Apel

Apel banyak mengandung serat yang menyerap racun, sehingga dapat membantu kerja dari ginjal Anda. Apel juga dapat mengurangi peradangan di tubuh dan bekerja sangat baik untuk saluran pencernaan Anda.

Ilustrasi minyak zaitun. Pixabay.com

5. Minyak zaitun

Minyak zaitun tak hanya memiliki banyak manfaat bagi perawatan kecantikan, tetapi juga bermanfaat bagi kesehatan ginjal Anda. Minyak zaitun dapat menurunkan kolesterol Anda, menghilangkan rasa sakit yang terkait dengan batu ginjal, dan bekerja untuk mengurangi peradangan juga.

6. Jus lemon

Jika Anda ingin mencoba sesuatu yang tidak hanya demi membersihkan ginjal Anda, tetapi juga menghentikan pembentukan batu ginjal, maka jus lemon jawabannya. Jus lemon meningkatkan kadar sitrat Anda yang mencegah terbentuknya batu ginjal. Cara membuat jus lemon praktis dan mudah. Peras empat lemon ke dalam air panas atau dingin setiap hari dan minumlah untuk menangkal batu ginjal.

7. Jahe

Meskipun lezat dalam pembuatan kue, jahe lebih efektif dalam kondisi mentah, bubuk, dibuat jus, sebagai bumbu, ataupun dalam minyak. Sebab jahe dapat membantu mengatasi mual, nyeri, mabuk, kehilangan nafsu makan, dan bahkan mengurangi peradangan.

8. Teh dandelion

Meskipun teh daun dandelion tidak terlalu enak untuk diminum, ginjal Anda menyukainya. Daun dandelion mengandung flavonoid - antioksidan yang membersihkan ginjal Anda dan membersihkan darah Anda. Selain itu, teh dandelion juga dapat mengurangi tekanan darah Anda. 

Anda dapat membeli teh dan daun dandelion dari banyak toko kesehatan, dan Anda juga dapat menggunakan daun itu dalam salad. Jika Anda sedang mengalami stres, cobalah memulai hari dengan secangkir teh dandelion.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."