Donna Agnesia-Darius Sinathrya Touring, Ini Tips Berkendara Aman

Donna Agnesia. (Instagram/@dagnesia)

ragam

Donna Agnesia-Darius Sinathrya Touring, Ini Tips Berkendara Aman

Kamis, 8 Agustus 2019 14:45 WIB
Reporter : Tempo.co Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, JakartaDonna Agnesia dan Darius Sinathrya tengah mengikuti touring di Himalaya sejak beberapa hari. Secara berkala baik Donna maupun Darius mengunggah perjalanannya. Unggahan terbaru di Instagram @dagnesia terlihat ibu tiga anak ini berfoto di samping tugu Taglangla yang disebutnya sebagai jalan kedua tertinggi di dunia.

Selain membagikan foto kebersamaan, presenter 40 tahun ini juga mengungkapkan kesan dan perasaannya. Dia mengungkapkan tidak ragu saat diajak Darius turing ke Himalaya. Meskipun dulunya dia paling takut naik motor sekalipun dibonceng. Di unggahan selanjutnya, Donna menuliskan doa agar selalu dilindungi oleh Tuhan selama di perjalanan.

Bila Anda mempunyai kondisi yang sama dengan Donna Agnesia, ada baiknya simak sejumlah tips agar aman berkendara saat touring. Agar Anda dan pasangan bisa saling mengingatkan dan menjaga selama di perjalanan.

1. Cek detail kondisi kendaraan Terlepas dari cara mengemudikan kendaraan, penting bagi seorang pengendara untuk mempelajari hal dasar seperti memeriksa kondisi kendaraan sebelum bepergian.  Misalnya memeriksa kondisi kendaraan seperti lampu, oli, rem, ban serta helm.

Jangan lupa memastikan bahan bakar penuh dan tidak habis sampai dengan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) berikutnya. Memeriksa apakah ada cairan yang berasal dari kebocoran pada salah satu komponen kendaraan. Menyiapkan nomor layanan yang dapat dihubungi saat darurat.

2. Perhatikan tempat-tempat penting selama di perjalanan Cek rute perjalanan Anda untuk memastikan tempat pemberhentian penting yang mungkin diperlukan, seperti tempat peristirahatan, SPBU untuk mengisi bahan bakar dan bengkel untuk keadaan darurat. Anda juga bisa memanfaatkan fitur petunjuk arah (GPS) untuk memastikan bahwa Anda tetap berada di arah yang benar.

Donna Agnesia. (Instagram@dagnesia)

3. Siapkan barang bawaan Rencanakan barang bawaan Anda untuk memastikan segala kebutuhan dalam perjalanan dapat terpenuhi dan kabin serta bagasi tidak penuh sesak dengan barang-barang yang tidak diperlukan. Beberapa perangkat seperti power bank, charger ponsel mobil, lampu senter, cable jumper serta kotak P3K sangat diperlukan terutama dalam keadaan darurat. Jangan lupa untuk menyiapkan tali pengikat bagasi, agar barang pada bagasi Anda tidak bergeser dan mengganggu konsentrasi. Juga sediakan camilan sebagai teman perjalanan dan pengganjal di saat lapar.

4. Taati peraturan lalu lintas Kegiatan touring biasanya melibatkan konvoi kendaraan dalam jumlah banyak. Maka, sangat penting untuk tetap menjaga rangkaian, namun tetap harus mengutamakan peraturan lalu lintas agar tidak mengganggu kenyamanan dari pengguna jalan yang lainnya. Selain itu, rangkaian di depan sebaiknya menunggu anggota lain yang terputus karena lampu merah.

5. Menjaga komunikasi tetap lancar Berkonvoi dengan mobil memerlukan kemampuan berkendara secara teratur dan tertib selama di jalan dan pastinya sesuai dengan rangkaian acara touring yang sudah disusun. Untuk menjaga kondisi teratur tersebut, menjaga komunikasi tiap kendaraan anggota menjadi aspek penting, termasuk navigasi dan koordinasi dalam perjalanan agar waktu menuju lokasi tujuan sesuai dengan susunan rangkaian acara.

6. Berhenti di titik yang telah ditentukan Selama perjalanan jarak jauh, ada banyak hal yang bisa merepotkan pengendara seperti buang air kecil atau mengisi bahan bakar. Itu sebabnya, panitia dan peserta touring harus menyepakati titik lokasi pemberhentian seperti di tempat ibadah dan SPBU.

EKO ARI WIBOWO | SILVY RIANA PUTRI