7 Cara Makeup Mata Mungil Agar Terlihat Lebih Besar

Reporter: Mila Novita
Editor: Silvy Riana Putri
Rabu, 7 Agustus 2019 17:30 WIB
7 Cara Makeup Mata Mungil Agar Terlihat Lebih Besar

CANTIKA.COM, Jakarta - Salah satu penekanan atau pengerjaan yang paling lama saat makeup adalah area mata. Banyak perempuan yang suka matanya terlihat lebih lebar atau besar. Tampilan ini diyakini membuat wajah tampak berbeda. Tapi tentu tak mudah membuat mata yang mungil menjadi lebih lebar. Tapi, dengan sedikit permainan kontur dan aplikasi bulu mata, tampilan mata lebar bisa Anda miliki.

Ada beberapa cara yang bisa Anda coba untuk menghasilkan makeup atau riasan yang membuat mata lebih besar seperti yang dilansir dari laman Boldsky.

1. Membentuk alis
Salah satu langkah penting untuk membuat perbedaan pada mata adalah bentuk alis. Untuk tampilan mata besar, alis harus memanjang di sudut dalam. Jadi, jangan pernah mencabut alis di atas hidung. Jangan pula membuat alis lebih panjang di ujung luarnya.

2. Dasar riasan mata
Setelah alis beres, mulailah merias mata. Anda bisa menggunakan eyeshadow primer atau concealer sebagai alas eyeshadow. Alas tersebut akan membuat warna eyeshadow terlihat lebih baik.

3. Gunakan eyeshadow
Setelah dasarnya, Anda bisa mulai mengaplikasikan eyeshadow di kelopak mata untuk menciptakan bayangan. Bayangan di sudut mata bagian dalam menggunakan warna gelap. Lalu lanjutkan ke bagian tengah kelopak mata hingga ke sudut luar. Selanjutnya aplikasikan eyeshadow dengan warna yang lebih terang di bagian atas kelopak. Pastikan tidak melewati sudut mata. Agar tak terlihat perbedaan warna mencolok, Anda bisa mencampur kedua warna tersebut di antaranya.

4. Highlight tulang alis
Untuk membuat lebih banyak bayangan di sudut dalam dan mencerahkan sudut luar, beri highlight di bawah tulang alis. Padukan warnanya dengan baik.

5. Buat garis bulu mata 
Gunakan pensil mata hitam untuk membuat garis bulu mata. Ini akan membantu membuat mata Anda terlihat lebih dekat. Mulailah mengaplikasikannya dari sudut dalam mata Anda dan bergeraklah ke sudut luar. Juga, jaga agar sedikit lebih gelap di sudut dalam dibandingkan dengan sudut luar.

6. Kontur hidung 
Hidung kadang-kadang dapat menonjolkan bentuk mata. Anda dapat membentuk hidung dan menambahkan warna dan dimensi pada pangkal hidung. Ini membantu untuk membuat mata terlihat lebih dekat bersama. Ambil kuas kontur kecil, celupkan ke dalam palet kontur, tekan, dan gunakan untuk membentuk kontur hidung Anda. Sambil membentuk kontur, rentangkan ke sudut bagian dalam alis.

7. Gunakan bulu mata palsu
Saat Anda memilih bulu mata, pastikan bulu mata bagian luar tidak lebih panjang dari bulu mata bagian tengah. Lalu, lapisi bulu mata dengan maskara. Ini membantu menyatukan bulu mata asli dengan palsu. Gunakan penjepit bulu mata untuk melentikkannya.