Tips Mudah Berteman di Lingkungan Kerja Bagi Introvert

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi pegawai tertawa atau gembira saat bekerja di kantor. shutterstock.com

Ilustrasi pegawai tertawa atau gembira saat bekerja di kantor. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Berteman dengan orang baru mungkin adalah hal yang mudah bagi beberapa orang. Tapi tidak demikian bagi orang dengan kepribadian introvert. Tak sedikit dari orang introvert yang mengalami kendala untuk bergaul, termasuk di lingkungan kerja. Untuk yang mengalami hal serupa, ternyata terdapat sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal ini.

Melansir dari laman The Muse dan Career Addict, berikut adalah empat tips untuk mendapatkan teman di kantor bagi pribadi yang introvert.

1. Mulai dengan menyapa halo dan selamat tinggal

Keberanian adalah modal utama. Apabila Anda berada di lingkungan kerja, ada baiknya untuk menyapa dengan kata halo atau selamat pagi. Lakukan hal yang sama saat pulang dengan ucapan selamat tinggal. Kedua kalimat itu dapat menunjukkan keinginan Anda untuk bergaul.

“Orang yang Anda sapa itu pasti sadar bahwa Anda ingin dekat dengannya. Jadi lakukan hal itu saja, sudah sangat membantu,” kata ahli kepribadian, John Boitnott.

2. Membuat grup chat

Setelah Anda sering saling bertegur sapa, percakapan seputar aktivitas harian dan hobi bisa dimulai melalui grup chat. Menurut Boitnott, pribadi introvert sangat sulit bercakap dengan orang baru. Dan melalui media telekomunikasi, seperti grup chat, ini dapat membantu meningkatkan kepercayaan diri.

“Kepribadian introvert sangat nyaman bila tidak bertatap muka. Ini bisa menjadi alat bantu agar ia dan teman kantornya menjadi dekat,” jelasnya.

3. Berteman di media sosial

Di era globalisasi ini, rasanya tidak mungkin jika seseorang tak memiliki media sosial. Entah Twitter atau Instagram, sangat baik bila Anda dan orang kantor berteman di sana. Layaknya grup chat, berteman di media sosial dapat merekatkan hubungan keduanya.

“Kalau orang kantor yang mencuitkan atau mengunggah sesuatu, Anda bisa mengomentari atau memberikan like,” kata influencer dan blogger yang merupakan seorang introvert, Mychelle Fernandez.

4. Hadir dalam acara kantor

Jangan menghindar dari acara kantor. Menurut Fernandez, ini bisa menjadi cara lain untuk mendapatkan teman. Apabila Anda sudah mulai berbicara dengan mereka sebelumnya, alangkah lebih baik jika lebih direkatkan saat acara kantor tiba. Anda bisa bersama-sama datang dan menikmati serangkaian acara, misalnya. “Kalau sudah sampai di tahap ini, artinya Anda dan orang kantor sudah dekat. Jadi bisa dipastikan Anda berhasil mencari teman,” tuturnya.

SARAH ERVINA DARA SIYAHAILATUA 

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."