Di Pasar Senen Blok III Bisa Belanja Barang Apa Saja?

Suasana jual beli di Lantai Semi Basement Pasar Senen Blok III, Jakarta Pusat, Rabu 24 Juli 2019. Tempo/Silvy Riana Putri

ragam

Di Pasar Senen Blok III Bisa Belanja Barang Apa Saja?

Minggu, 4 Agustus 2019 06:00 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Bila akhir pekan ini berniat belanja ke Pasar Senen Blok III, tak ada ruginya menelisik perjalanan singkat Cantika pada akhir Juli 2019. Kondisi Pasar Senen Blok III masih terhitung muda sebab baru dibangun dan beroperasi kembali pada awal 2018. Sebelumnya Pasar Senen Blok III pernah terbakar pada 2014 dan 2017.

Begitu tiba di Pasar Senen Blok III, Anda merasakan sejuknya pendingin udara. Saat itu kondisi pasar tak sesak pengunjung. Lantai ubin putih di pasar bebas dari sampah, genangan air ataupun noda makanan. Petugas kebersihan terlihat membersihkan secara berkala.

Di samping eskalator ditaruh tempat sampah berukuran besar. Penataan kios berjejer rapi dan berkelompok sesuai jenis barang dagangannya. Susunan itu bisa memudahkan bagi yang baru pertama kali belanja di Pasar Senen Blok III.

Suasana toko yang menjual bahan kue di lantai basement Pasar Senen Blok III, Jakarta Pusat, Rabu 24 Juli 2019. Tempo/Silvy Riana Putri

Lantai semi basement diisi oleh deretan kios sembako, minuman, makanan, kue kering, bahan kue, plastik, pecah belah, peralatan dapur hingga jamu dan rempah. Di lantai ini kita juga bisa membeli serba daging, ikan, telur, sayur, buah, tahu, tempe, dan kelapa parut.

Bagian ini berada di pojok dan terpisah dari jenis kios dagangan lain. Suasananya lebih seperti pasar tradisional dengan riuh pedagang menjajakan kesegaran dagangan dan suara pisau memotong.

Naik ke lantai dasar, kita dimanjakan aneka pilihan jam, kacamata maupun bahan pakaian. Di lantai satu terdapat penjahit, percetakan, seragam seperti ABRI, satpam atau pramuka, batik, perhiasan emas, kosmetik, obat, elektronik, servis elektronik, mainan anak, alat tulis, bank, dan ekspedisi.

Beranjak ke lantai dua, kita bisa belanja aneka tas, koper, dompet, alas kaki, penyimpanan barang, dan baju bekas. Jenis baju bekas yang ramai pembeli adalah jaket tebal atau kulit untuk persiapan bertandang ke negeri bersalju.

Bagi Anda yang kelaparan di Pasar Senen Blok III bisa bersantap di food court lantai tiga. Kita bisa memilih varian menu nasi padang, warung tegal, bakso, mie ayam, ayam geprek hingga warung kopi.

Di lantai tiga dan empat terdapat area parkir. Bagi yang ingin menunaikan salat, di lantai empat terdapat masjid Senen Blok III. Di sana tersedia mukena yang bersih dalam jumlah yang cukup.