5 Manfaat Kesehatan Mengkonsumsi Teh Daun Kelor

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yunia Pratiwi

google-image
Teh Daun Kelor. TEMPO/Charisma Adristy

Teh Daun Kelor. TEMPO/Charisma Adristy

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Daun kelor termasuk jenis Moringa Oleifera. Dikenal sebagai stik drum, banyak digunakan dalam masakan India Selatan untuk menyiapkan hidangan seperti sambhar. Tapi selain menambahkan rasa dalam makanan, ramuan ini sangat bergizi dan juga telah digunakan dalam praktik Ayurvedic kuno.

Bahkan bubuk daun kelor bisa digunakan untuk mengobati dan mengelola penyakit kulit dan infeksi karena memiliki sifat antijamur, antivirus, antidepresan, dan anti-inflamasi. Tetapi saat ini juga digunakan untuk membantu penurunan berat badan dan mengontrol kadar gula darah yang lebih rendah pada pasien diabetes, dalam bentuk teh atau kopi dan bahkan dalam masakan.

Berikut ini beberap manfaat kesehatan teh daun kelor, seperti dilansir dari laman The Indian Express:

  • Melawan penyakit bakteri: Karena sifat antibakteri, antijamur, dan antimikroba, ekstrak kelor dengan mudah memerangi infeksi yang disebabkan oleh Salmonella, Rhizopus, E. coli dan lainnya.
  • Mengobati diabetes: Ten daun kelor dapat membantu mengurangi jumlah glukosa dalam darah, serta gula dan protein dalam urin yang meningkatkan kadar hemoglobin.
  • Mengobati asma: Daun kelor dapat membantu mengurangi keparahan beberapa serangan asma dan melindungi dari penyempitan bronkial. Ini juga telah terbukti membantu dengan fungsi paru-paru yang lebih baik dan pernapasan keseluruhan.
  • Mengurangi tekanan darah tinggi: Teh daun kelor mengandung isothiocyanate dan niaziminin, senyawa yang membantu menghentikan arteri dari penebalan yang dapat menyebabkan tekanan darah naik.
  • Penurunan berat badan: Menurut buku How To Lose Back Fat oleh Cynthia Trainer, disebutkan bahwa teh daun kelor memiliki efek penurunan berat badan karena konsumsinya mengarah pada produksi energi alih-alih penyimpanan lemak. Daunnya rendah lemak dan padat nutrisi dan dapat dengan mudah dilihat sebagai alternatif dari makanan berkalori tinggi.

Cara membuat teh daun kelor di rumah

Bubuk daun kelor kini tersedia secara online dan di toko bahan makanan. Untuk menyiapkan teh daun kelor di rumah, rebus bubuk dengan air dan saring. Anda juga dapat membuatnya dari daun kelor segar. Keringkan daun kelor di bawah sinar matahari dan giling untuk membuat bubuk. Atau, Anda bisa membersihkan daun dan merebusnya dalam air selama beberapa menit untuk membuat teh kelor.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."