5 Tips Mudah Menyulap Ruangan Sempit Menjadi Lebih Luas

Ilustrasi ruangan kerja. probisnis.net

keluarga

5 Tips Mudah Menyulap Ruangan Sempit Menjadi Lebih Luas

Rabu, 24 Juli 2019 12:50 WIB
Reporter : Tempo.co Editor : Mitra Tarigan

CANTIKA.COM, Jakarta - Keterbatasan ruang seringkali menjadi tantangan seseorang dalam menata interior hunian serta dalam memilih jenis furnitur yang tepat. Apakah ada tips mudah dalam mendekorasi ruang terbatas? Pada dasarnya, terdapat beberapa langkah mudah untuk membuat hunian tampil lebih luas.

Namun sebelum melangkah lebih jauh, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan ketika mendekorasi rumah seperti ukuran furnitur, pemilihan warna, hingga fungsi perabotan. Hunian dengan ruang terbatas tentu akan lebih cocok jika diisi dengan ragam furnitur berukuran kecil hingga sedang. Selain itu, pilihan warna yang selaras dan pemilihan furnitur multi-fungsional dapat membantu menjadikan ruang terbatas menjadi lebih luas. Untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan berikut ini:

1. Pemilihan warna cerah dan netral pada dindingWarna memiliki peran penting dalam memberikan suasana pada sebuah ruangan. Pemilihan warna dinding yang cerah dan netral seperti cream atau putih merupakan cara klasik yang sangat efektif guna membuat ruangan terbatas terkesan lebih luas, segar, dan terang. Pengaplikasian cat berwarna gelap sebaliknya akan membuat ruangan terlihat kecil, karena sifatnya yang menyerap sumber pencahayaan. Selain itu, warna gelap pun akan membuat suasana rumah menjadi nampak suram.

2. Plafon tinggi untuk kesan lebih luasSebuah ruangan terdiri dari dimensi horizontal dan vertikal. Rumah dengan langit-langit yang tinggi memiliki kelebihan tersendiri, karena memiliki ruang ekstra yang dapat dipakai untuk menarik perhatian ke atas. Tetapi apabila tidak memiliki plafon tinggi, penggunaan jenis tirai panjang hingga menyentuh lantai dapat dijadikan alternatif. Teknik ini akan mengalihkan mata untuk melihat ke bagian atas rumah sehingga menciptakan ilusi ruang vertikal yang lebih tinggi serta luas.

3. Kombinasi tempat penyimpanan pada furnitur utama rumahTempat tidur menjadi furnitur wajib dari sebuah hunian, dimana kehadirannya tidak jarang mengambil banyak ruang. Padahal ruangan tersebut dapat digunakan untuk keperluan lain jika tempat tidur tidak menghalangi. Solusi yang dapat kamu lakukan adalah memanfaatkan area bawah tempat tidur sebagai lemari pakaian, tempat penyimpanan barang, atau bahkan rak buku! Selain memberikan ruangan lebih, hal ini pun akan membuat hunianmu menjadi lebih keren, compact, dan menarik.

4. Maksimalkan ruang dinding rumahMemanfaatkan dinding sebagai rak fungsional dapat menjadi cara lain menambah ruang di dalam rumah. Rak tersebut dapat dipakai untuk menyimpan alat tulis, buku, pernak-pernik pajangan, maupun beberapa alat elektronik seperti televisi, speaker, dan pemutar DVD. Dengan begitu, kamu tidak perlu lagi mengambil ruang khusus untuk menyimpan rak.

5. Sofa multifungsiSalah satu furnitur lain yang menjadi komponen penting dalam proses tata ruang adalah sofa. Selain sebagai tempat untuk menjamu tamu, menambah nilai estetika, sofa juga menjadi tempat beristirahat yang dapat menunjang berbagai aktivitas. Sofa tidak hanya memiliki fungsi sebagai tempat duduk. Anda bisa memilih sofa yang bisa berubah menjadi tempat tidur, atau massage sofa, yang mampu memijat, merilekskan stress pada otot, dan melancarkan sirkulasi darah seperti yang dirilis Advance dari Ichiro Neofit.

Menata interior di ruangan terbatas memang perlu dilakukan dengan hati-hati. Kita perlu bijak untuk memilih jenis furnitur yang ingin dipakai. Salah satu cara mudah yang dapat kamu lakukan adalah memilih produk furnitur yang multifungsi.