Festival Indonesia Moskow 2019 akan Lebih Besar dari Sebelumnya

Kemeriahan Festival Indonesia 2018 'Visit Wonderful Indonesia, Explore Our Regions' di Moskow, Rusia, pada 3 sampai 5 Agustus 2018. Kredit: Wakil Dubes RI untuk Rusia, Lasro Simbolon

ragam

Festival Indonesia Moskow 2019 akan Lebih Besar dari Sebelumnya

Jumat, 5 Juli 2019 17:37 WIB
Reporter : Astari Pinasthika Sarosa Editor : Yayuk Widiyarti

CANTIKA.COM, Jakarta - Festival Indonesia Moskow (FIM) yang diselenggarakan di Moskow, Rusia, berhasil memperkenalkan budaya Indonesia ke masyarakat Rusia selama 3 tahun, melalui mode, makanan, kerajinan, tarian, musik, dan berbagai budaya lainnya.

Untuk tahun keempat-nya, FIM 2019 akan menjadi lebih besar dan lebih meriah dibanding tahun-tahun sebelumnya. Festival ini akan digelar di Taman Krasnaya Presnya di Moskow, 2-4 Agustus 2019.

“Kami membuka 100 booth semua produk Indonesia, ada 70 UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) dan ada juga perusahaan lokal yang menjual produk Indonesia, ada restoran lokal yang menjual menu Indonesia,” tutur Wahid Supriyadi, Duta Besar Republik Indonesia untuk Federasi Rusia dan Republik Belarus. 

Artikel lain:Wonderfest 2019 Pilihan Liburan Keluarga yang Edukatif

Di 2018, FIM telah memiliki sekitar 135 ribu pengunjung. Tahun ini, target meningkat menjadi 140 ribu pengunjung.

“Festival ini memang sangat dinantikan oleh masyarakat Rusia. Banyak yang ingin melakukan upacara pernikahan tradisional Indonesia di festival ini dan sudah semangat untuk makan makanannya dan melihat peragaan busananya,” tutur Elena Preobrazhenskaya, Direktur Jenderal Amarcom, sebagai mitra Kedutaan besar Republik Indonesia di Moskow. 

Koleksi Ferry Sunarto untuk Festival Indonesia Moskow 2019 di The Tribrata, Jakarta Selatan, Rabu 3 Juli 2019 (Tempo/Astari P Sarosa)

FIM juga mendapat dukungan dari pemerintah Moskow. “Festival ini memberikan ikon baru di Moskow, sekarang lahannya (Taman Krasnaya Presnya) dikasih gratis oleh pemerintah Moskow,” jelas Wahid.

Dengan membawa tema “Visit Wonderful Indonesia: Enjoy Our Tropical Paradise”, Wahid berharap FIM berhasil memperkenalkan budaya Indonesia ke tingkat internasional dengan baik. 

Mode Indonesia juga sangat digemari di Rusia, dan banyak sekolah mode di sana yang terinspirasi oleh motif batik. Festival Indonesia Moskow ini juga membantu meningkatkan pariwisata ke Indonesia dari Rusia. Di tahun 2018, wisatawan dari Rusia ke Indonesia meningkat sekitar 13,4 persen. Ternyata budaya Indonesia sangat menarik untuk masyarakat Rusia.