6 Desain Cermin untuk Mempercantik Dekorasi Rumah

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yunia Pratiwi

google-image
Ilustrasi dekorasi ruangan bercermin. Unsplash.com/Francesca Tosolini

Ilustrasi dekorasi ruangan bercermin. Unsplash.com/Francesca Tosolini

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Cermin biasanya digunakan untuk mengecek penampilan. Namun beberapa orang juga memanfaatkan untuk dekorasi rumah, sehingga bisa tampak lebih luas.

Baca juga: 7 Inspirasi Desain Ruangan Rumah Bernuansa Hijau Mint

Para ahli interior pun sudah mengungkapkan, selain bisa mengatur pencahayaan di dalam ruangan, cermin juga bisa menambah kesan artistik. Sarah Ward, desainer interior yang berbasis di London, berpendapat bahwa cermin adalah perabot yang tak tergantikan. Cermin dapat memantulkan cahaya, memberikan kesan luas di ruang sempit, dan mempercantik dinding.

Nah, jika tertarik mempercantik rumah dengan cermin, berikut ini beberapa inspirasi cermin dinding untuk memberikan suasana baru.

#1. Cermin Ukiran Kayu

Tak hanya untuk melihat pantulan diri, meletakkan cermin di ruang depan rumah atau ruang tamu juga bisa mengatur pencahayaan dan terlihat menarik untuk dekorasi rumah. Salah satu desain yang bisa Anda pilih adalah cermin dengan badan kayu yang diukir untuk menampilkan kesan etnik pada hunian.

#2. Dinding Full Cermin

Cermin dengan lebar yang menjulang dari lantai hingga ke langit-langit ruangan akan menciptakan proporsi sempurna yang mengarahkan pandangan orang pada kemewahannya. Ruang tamu atau ruang makan dapat menjadi target lokasi ideal penempatan cermin karena biasanya kedua ruangan ini cenderung memiliki ukuran yang minimal. Cermin besar di ruang tamu tentunya juga bermanfaat untuk mengecek penampilan Anda sebelum meninggalkan rumah.

#3. Cermin Besar dengan Posisi Berdiri

Nah, ini dia cermin yang sedang menjadi tren di media sosial. Cermin di dinding rumah tak harus selalu menempel, Anda juga bisa meletakkannya dalam posisi berdiri. Jenis cermin ini terlihat lebih simpel, namun tetap bisa memberikan kesan unik dan modern. Terlebih, cermin ini mampu menampilkan pantulan tubuh Anda dari ujung kaki hingga ujung rambut. Jika Anda ingin menerapkan ide cermin dengan posisi berdiri seperti ini, pastikan dulu bahwa sanggahan dan posisinya kuat agar tidak mudah jatuh. Saat ini, sudah banyak yang menjual cermin ini dengan beragam model seperti dilengkapi dengan lampu-lampu bohlam dan bisa menyulap ruangan menjadi terlihat lebih luas.

#4. Susun Beberapa Cermin Menyerupai Jendela

Sebagai elemen desain, instalasi beberapa cermin secara rapi dan terorganisir di dinding dapat menciptakan efek modern minimalis yang berbeda pada rumah. Kuncinya terletak pada susunan dan penggunaan tipe, warna, serta ukuran cermin.

Untuk menampilkan gaya yang berbeda, bentuklah cermin menyerupai jendela dan tempatkan berseberangan sehingga dapat meniru fitur-fitur pada jendela dengan pantulannya. Keberadaan “jendela palsu” ini seolah-olah menambah bukaan pada tembok solid yang ada di belakangnya. Dijamin tampilan ruangan akan tampak lebih lapang.

#5. Cermin Beraksen Emas

Warna emas dapat membuat tampilan rumah terlihat lebih mewah sehingga banyak orang yang menyukai warna ini. Membeli cermin yang memiliki aksen emas tidak ada salahnya untuk mendekorasi rumah Anda. Warna emas juga bisa menambah kesan menarik jika dipadukan dengan warna lainnya.

#6. Cermin Backsplash Dapur

Peletakan cermin pada tempat-tempat yang tidak biasa dapat membuat area tersebut terlihat lebih menarik. Anda bisa mencerahkan tampilan dapur yang gelap dengan menggunakan dinding backsplash cermin. Pantulannya dapat memastikan pencahayaan yang cukup ketika Anda menyiapkan masakan atau mencuci perlengkapan dapur Anda. Namun pastikan Anda selalu rajin menjaga kebersihan cermin ini agar tidak mudah kotor dan kusam.

#7. Hias Lorong dengan Cermin

Agar dinding di lorong rumah tidak polos dan terkesan sempit, tentu saja Anda bisa menambahkan cermin. Gunakan cermin besar yang ditempatkan di sisi kanan dan kiri lorong, atau beberapa cermin dengan desain yang berbeda seperti contoh di atas untuk kesan yang lebih unik. Cermin dinding ini akan memberikan kesan yang luas pada lorong. Tak ada lagi kesan sesak.

ARSITAG

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."