Tips Merapikan 6 Ruangan Penting di Rumah dari Marie Kondo

Reporter: Cantika.com
Editor: Yunia Pratiwi
Selasa, 2 April 2019 16:00 WIB
Tips Merapikan 6 Ruangan Penting di Rumah dari Marie Kondo

CANTIKA.COM, Jakarta - Marie Kondo dikenal dengan seni beres-beres dan merapikan yang disebut metode KonMarie. Metode tersebut dituangkan dalam buku “The Life-Changing Magic of Tidying Up”, dan “Spark Joy”. Bahkan kini juga ada serial yang ditayangkan di Netflix, berjudul Tidying Up with Marie Kondo.

Baca juga: Terinspirasi Marie Kondo, Bersih-bersih Bantu Atasi Stres

Beberapa aturan yang penting dalam metode tersebut adalah merapikan sesuai kategori bukan lokasi, merapikan dengan urutan yang benar, pakaian pertama, lalu buku, kertas, barang-barang yang tidak terpakai, dan terakhir barang yang sentimental. Ada juga mantra perubahan dalam metode Kondo, yaitu: "Simpan saja hal-hal yang membuat Anda gembira." Jika harus menyingkirkannya, “Jangan lupa mengucapkan terima kasih sebelum mengucapkan selamat tinggal," tulis Marie Kondo.

Selain itu, dia juga fokus pada hal-hal kecil, seperti bagaimana melipat parka, mengapa Anda ingin mengatur ulang lemari kamar mandi Anda, dan cara Anda akhirnya bisa memiliki kantor yang memicu kegembiraan. Lantas, bagaimana caranya menggunakan metode KonMari ini pada enam ruangan penting di dalam rumah Anda? Simak penjelasannya berikut ini.

#1. Ruang keluarga
Mengutip Well and Good, ruang keluarga adalah tentang keluarga dan kebersamaan, serta perasaan yang mempengaruhi bagaimana pengaturannya. Mebel seharusnya tidak hanya terlihat bagus, tapi juga memicu kegembiraan. Misalnya jika Anda menyentuh sesuatu dan merasakan sedikit sensasi, bahkan sedikit lebih ringan, bingo! Ini adalah sebuah kegembiraan.

Tip dari Kondo punya tempat yang tetap untuk remote, dan untuk majalah. Tapi bukan berarti harus menyingkirkan dekorasi yang membuat Anda bahagia, seperti tanaman atau foto berbingkai. Sebagai gantinya, buatlah ruangan di rak untuk menampilkannya dengan cara yang bijaksana.

#2. Dapur
Dapur yang bersih sangat penting. Jangan simpan barang di meja dekat kompor atau wastafel, dan manfaatkan pilihan tempat penyimpanan vertikal untuk makanan. Sedangkan untuk dekorasi dapur fokus pada hal-hal yang menyenangkan. “Karena Anda benar-benar ingin kegiatan memasak menjadi menyenangkan,” kata Kondo. Jadi jangan ragu untuk menyertakan foto, tanaman, dan benda lain yang membuat Anda merasa senang di tempat tersebut.

#3. Ruang tidur
Ruang tidur Anda adalah area untuk beristirahat, sehingga pencahayaan harus lembut. Pikirkan untuk memasukkan aroma dari lilin alami, misalnya, yang membuat Anda merasa bahagia dan damai, kata Kondo. Seperti spa, tapi lebih personal. Kondo mengingatkan agar mencuci seprai dan sarung bantal Anda sesering mungkin.

#4. Kamar mandi
Bahkan kamar mandi pun bisa menjadi penyemangat jika dipikirkan dengan baik, dan kuncinya adalah kebersihan. Jaga agar bak dan tempat penyimpanan tetap bersih. Pastikan Anda mengelurkan yang dibutuhkan, lalu segera memasukkannya, saran Kondo. Terus tanyakan pada diri sendiri, "Apakah ini jenis tempat di mana saya ingin bersantai dan mandi lama?"

Toilet itu benar-benar area detoksifikasi rumah Anda. "Penting untuk menjaga agar energi tetap mengalir, jadi jaga agar tetap rapi," katanya. Misalnya dengan  menyimpan 15 pembersih alami dan 7 minyak wajah yang Anda susun dari pandangan, dan menyimpan hal-hal penting seperti kertas toilet ke dalam keranjang.

#5. Lemari pakaian
Cadangan rak paling atas untuk tas, topi, pakaian di luar musim, dan barang-barang sentimental, serta gantung pakaian yang Anda butuhkan sekarang. Jika Anda memiliki terlalu banyak, lipat mereka dalam satu set laci.

Atur lemari dari yang ringan sampai berat. Kemeja masuk laci atas dan bagian bawah. Hal yang sama berlaku untuk bahan, bahan ringan seperti katun di bagian atas, dan yang lebih berat di bagian bawah. Ini akan meninggalkan Anda dengan apa yang disebut Kondo sebagai "laci yang membangkitkan semangat."

#6. Ruangan khusus untuk Anda
"Pastikan untuk membuat tempat di rumah hanya untuk Anda, ruang pribadi Anda hanya diisi dengan hal-hal yang Anda sukai," tulis Marie Kondo. Jika itu adalah keseluruhan ruangan, atau hanya meja samping tempat tidur atau meja Anda, sama bagusnya. Kuncinya adalah menciptakan ruang yang membuat Anda tersenyum.