Jangan Takut Jika Pacar Ingin Minta Ruang, Lakukan 6 Cara Ini

Reporter: Cantika.com
Editor: Yunia Pratiwi
Senin, 1 Juli 2019 19:07 WIB
Jangan Takut Jika Pacar Ingin Minta Ruang, Lakukan 6 Cara Ini

CANTIKA.COM, Jakarta - Jika pacar ingin memiliki ruang dalam hubungan tak perlu khawatir dan bereaksi berlebihan. Menurut para ahli, sedikit ruang di antara pasangan dapat bermanfaat untuk hubungan, tentu ada caranya tanpa harus kehilangan dia.

Baca juga: Mengenali Tanda Pacar ingin Putus dari Zodiaknya

Stephanie Wijkstrom, penasihat bersertifikat dan pendiri Pusat Konseling dan Kebugaran Pittsburgh, Amerika Serikat mengatakan hubungan yang baik selalu menavigasi sedikit dorongan dan tarikan dan dikotomi jarak dan kedekatan. "Hubungan yang sehat belajar menavigasi ini sangat awal dalam pembentukan romansa mereka untuk menghindari perasaan keterikatan,” ujarnya seperri dikutip dari laman Bustle.

Tidak semua orang merasa cukup nyaman untuk mengomunikasikan kebutuhan mereka, bahkan jika itu dapat membuat hubungan menjadi lebih baik. Hal tersebut menandakan bahwa dia cukup dewasa dan benar-benar berkomitmen. Berikut ini cara terbaik memberikan pacar Anda lebih banyak ruang menurut para ahli.

#1. Jangan berpikir terlalu personal
"Beberapa orang memerlukan lebih banyak ruang daripada yang lain saat menjalin hubungan," kata psikolog klinis berlisensi, Dr. Roxy Zarrabi, Psy.D., kepada Bustle. "Ini tidak ada hubungannya denganmu dan lebih banyak hubungannya dengan bagaimana dia mendapatkan energi." Misalnya, jika dia introvert akan mendapatkan lebih banyak energi dengan dengan menghabiskan waktu sendirian, sementara ekstrovert mendapatkannya dari berada di sekitar orang lain. Jadi sekuat mungkin pada awalnya, cobalah untuk tidak mengambil kebutuhan pasangan Anda akan ruang pribadi, karena setiap orang memiliki preferensi yang berbeda.

#2. Berterima kasih karena telah jujur
Untuk memberi pasangan Anda apa yang mereka butuhkan sambil tetap menjaga hubungan, penting untuk melihat permintaan mereka secara positif. Hal terakhir yang ingin Anda lakukan adalah mulai menanyai mereka mengapa mereka membutuhkan ruang atau apa artinya ini bagi hubungan Anda.

Tapi daripada membombardir mereka dengan pertanyaan, Stephanie Wijkstrom mengatkan Anda harus mencoba berterima kasih kepada mereka. "Ketika mendengar kata-kata itu mungkin sedikit mengagetkan, tapi pada akhirnya kita harus memikirkan ulang tentang permintaan karena ini adalah peluang hubungan nyata," katanya.

#3. Belajar menghormati permintaannya
Sangat penting untuk menentukan apa artinya memiliki ruang bagi pasangan Anda. Cari tahu kapan dan di mana pasangan Anda menginginkan lebih banyak waktu sendiri. Misalnya, apakah mereka perlu pergi akhir pekan untuk menghabiskan waktu bersama teman-teman? Apakah mereka perlu lebih banyak waktu sendirian? Menurut Wijkstrom, pasangan yang membutuhkan ruang dalam hubungan masih menghargai hubungan satu sama lain. Mereka hanya menyadari bahwa kehidupan pribadi mereka juga penting.

#4. Batasi SMS
Sangat mudah untuk tetap berhubungan terus menerus sepanjang hari melalui teks atau aplikasi perpesanan. Tapi rutin mengirim pesan singkat tidak selalu berarti menunjukkan hubungan yang kuat. Jadi satu cara super mudah untuk memberi ruang lebih banyak pada pacar adalah membatasi jumlah pesan yang Anda lakukan sepanjang hari kerja. Alih-alih berkirim pesan sepanjang hari, cobalah berikan kalimat penyemangat. Seperti "Selamat pagi" atau "Semoga kamu mengalami hari yang menyenangkan!" "Meluangkan waktu untuk interaksi kecil ini masih mengingatkan pasangan kita bahwa kita peduli dan kita memikirkan mereka bahkan jika kita tidak menghabiskan sepanjang hari bersama mereka," kata Megan Little, PhD, terapis.

#5. Banyak waktu untuk nongkrong bareng teman dan keluarga
Pada awal hubungan, banyak waktu dihabiskan bersama. Mungkin saja kamu mengabiskan waktu lebih sedikit dengan teman dan keluarga. Tetapi memelihara hubungan itu sama pentingnya dengan memelihara hubungan asmara Anda. Ini juga cara yang sangat bagus untuk memberi ruang pada pasangan Anda.

Baca juga: Punya Pacar Zodiaknya Leo Selalu Siapkan Dukungan Emosional

#6. Punya tujuan untuk diri sendiri
Cara terbaik untuk memberikan ruang kepada pasangan adalah dengan menggali dan menantang diri sendiri untuk melakukan sesuatu yang merupakan tantangan nyata dan membawa Anda keluar dari zona nyaman Anda. Ketika pacar mengatakan mereka membutuhkan ruang, hal terakhir yang harus Anda lakukan adalah menunggu mereka kembali. Sebaiknya, isi waktu Anda dengan hal-hal yang Anda sukai.