Resep Crispy Roll Dory Sambal Tomat Pedas Buat Menu Makan Siang

Crispy Roll Dory by Chef Igo di Halal Bihalal Sasa, di Feast by Kikuyo, Jakarta Selatan, Selasa 25 Juni 2019 (Tempo/Astari P Sarosa)

kuliner

Resep Crispy Roll Dory Sambal Tomat Pedas Buat Menu Makan Siang

Kamis, 27 Juni 2019 10:30 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Yunia Pratiwi

CANTIKA.COM, Jakarta - Jika bosan dengan olahan ayam atau daging, ikan dory bisa jadi pilihan untuk menu makan bersama keluarga. Koki Internal PT Sasa Inti, Chef Igo, membuat resep sederhana menggunakan ikan dori, yaitu Crispy Roll Dory dengan Sambal Tomat Pedas. 

Baca juga: Resep Makanan Penutup ala Prancis, Mango Souffle

“Penggunaannya pakai dua cara mudah, pakai tepung basah dan tepung kering. Pokoknya sangat sederhana dan bisa dimasak oleh siapa saja,” tutur Chef Igo, di acara Halal Bihalal Sasa di Feast by Kikuyo, Jakarta Selatan, Selasa 25 Juni 2019. 

Resep Crispy Roll Dory dengan Sambal Tomat Pedas ini bisa dibuat dalam porsi sedikit dan banyak. Berikut ini bahan-bahan dan cara pembuatannya. 

#Bahan Sambal Tomat:- 1 buah tomat potong dadu- 3 cabe rawit merah- 3 cabe rawit hijau- 2 jeruk limau- 3 batang kemangi- Setengah sendok makan potongan nanas- Minyak sayur- Gula- Garam

#Cara membuat:- Campur semua bahan (kecuali nanas) menjadi satu, sebaiknya dipotong kecil-kecil terlebih dahulu. - Berikan bumbu gula dan garam secukupnya dan sesuai selera, letakkan di bagian tengah.- Lalu, berikan minyak sayur yang telah dipanaskan sampai mendidih. - Aduk semua bahan. - Sajikan dengan potongan nanas. 

#Bahan-bahan untuk porsi 1 orang:- 150 gram ikan dori- 1 bungkus tepung bumbu seafood- 2 tusuk gigi

#Cara membuat:- Cuci bersih ikan dori, lalu gulung ikan dan tusuk dengan 2 tusuk gigi.- Setelah itu, bagi tepung bumbu seafood pada 2 wadah.- Berikan air secukupnya untuk salah satu wadah dan aduk sampai rata.- Masukkan ikan dori yang sudah digulung ke dalam adonan basah dengan tangan kiri. - Lalu masukkan kembali ke dalam adonan kering dan remas dengan tangan kanan, agar tidak tercampur. - Goreng dengan minyak panas selama 10-15 menit atau sampai ikan dori mengambang. - Campur dengan sambal tomat pedas di piring dan nikmati makanannya. 

ASTARI PINASTHIKA SAROSA