7 Bahaya Pendingin Ruangan bagi Tubuh

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yayuk Widiyarti

google-image
Front Page Cantik. Kulit Kering. Shutterstock

Front Page Cantik. Kulit Kering. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Sebagian besar orang menghabiskan banyak waktu di dalam ruangan berpenyejuk udara atau AC, baik di kantor maupun di rumah. Padahal, AC tidak sehat. Kulit atau rambut menjadi kering karena terpapar udara yang dihasilkan AC.

Tidak hanya itu. Masih ada dampak buruk lain pada tubuh dan kesehatan akibat penggunaan AC, seperti dilansir dari Boldsky berikut ini.

#Bikin kulit keriput
Pertama, AC mengisap uap air dari udara sekitar. Bahkan, kelembaban kulit juga akan ditarik keluar oleh AC. Itu sebabnya kulit menjadi kering. Kekeringan juga bisa menyebabkan iritasi. Kulit mungkin mengalami keriput dalam waktu cepat.

Baca juga:

Pengaruh Hormon Cinta pada Tubuh dan Kesehatan

#Sebabkan sakit kepala dan flu
Pada beberapa orang, ruangan ber-AC dapat menyebabkan sakit kepala, masalah pernapasan, dan bahkan flu dan pilek.

#Mengganggu sistem tubuh
Saat cuaca cerah, Anda masuk ke ruangan ber-AC atau saat keluar dari ruangan ber-AC dan memasuki lingkungan yang panas. Tubuh akan kesulitan menyesuaikan diri dengan perubahan suhu yang tiba-tiba.

Ilustrasi AC. Reviewcenter.in

#Memperburuk kondisi kesehatan
Ruangan ber-AC juga membuat beberapa kondisi kesehatan memburuk. Artritis, tekanan darah rendah dan gangguan tertentu lain bisa menjadi lebih buruk saat menghabiskan lebih banyak waktu di dalam ruangan ber-AC.

#Menyebabkan kelelahan
Beberapa dari kita bahkan sampai gemetar atau menggigil saat suhu AC terlalu dingin. Kondisi itu bisa menyebabkan kelelahan dan sakit kepala.

Artikel lain:

Suka Makan Daging Merah, Ketahui Pengaruhnya untuk Tubuh

#Melemahkan
Jika terbiasa dengan AC, Anda mungkin tidak dapat menyesuaikan diri dengan kondisi cuaca alami. Dan saat iklim panas, Anda mungkin akan jatuh sakit lebih cepat.

#Batasi penggunaan AC
Jika tempat kerja ber-AC, hindari menggunakan AC di rumah. Minum air secukupnya sepanjang hari untuk menghindari dehidrasi. Jika kamar tidur ber-AC, tempatkan baskom di sudut ruangan dan isi dengan air. Hal ini membuat kelembaban masuk ke ruangan.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."