Rumah Kotor setelah Ditinggal Mudik, Ini 5 Langkah Membersihkan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yayuk Widiyarti

google-image
Ilustrasi anak membersihkan rumah. homeforher.com

Ilustrasi anak membersihkan rumah. homeforher.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Rumah yang ditinggalkan dalam waktu cukup lama  saat mudik Lebaran pasti tetap kotor saat penghuni kembali. Rasa tidak menyenangkan ini akan segera dirasakan begitu tiba di rumah sepulang mudik.

Akan tetapi, kotornya rumah sepeninggal mudik sedikit berbeda dengan kotor pada biasanya karena kotornya tidak terlalu terlihat, mengingat sebelum ditinggalkan mudik rumah biasanya sudah dibersihkan secara menyeluruh. Oleh karena itu, diperlukan langkah-langkah membersihkan yang tepat seperti berikut ini. 

Baca juga:

3 Tips Mudik Lebaran Berjalan Lancar Tanpa Kendala

#Buka semua jendela
Selama ditinggal, sirkulasi udara jadi terbatas karena ventilasi besar seperti pintu dan jendela tertutup. Itu memang harus dilakukan demi keamanan. Karena itu, saat kembali ke rumah, langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuka semua pintu dan jendela agar ruangan tidak terasa pengap serta bisa mendapat udara segar dan sinar matahari yang baru.

#Perhatikan area kamar
Ruangan pertama yang ingin disambangi saat pulang ke rumah pasti kamar tidur. Karena itu, ruangan ini harus jadi yang pertama dibersihkan setelah membuka semua ventilasi. Ganti seprai dengan yang baru agar Anda tidak menghirup debu yang hinggap di kasur. Bila perlu, tambahkan wewangian agar kamar yang tidak ditempati berhari-hari semakin nyaman.

#Cek dapur
Setelah membersihkan kamar, segera periksa dapur. Lihat apakah Anda meninggalkan piring kotor atau tidak. Jika ada, segera dibersihkan karena bisa menjadi sumber bau tak sedap di rumah. Jangan lupa juga membersihkan peralatan makan atau memasak yang sudah bersih sebelum memakainya sebab biasanya debu-debu menempel di peralatan dapur.

#Cuci baju kotor
Sebelum pergi, bisa jadi Anda tidak sempat mencuci  baju sehingga baju-baju kotor menumpuk cukup lama di rumah. Baju kotor yang menumpuk dalam waktu lama bisa menimbulkan bau tak sedap. Segera cuci baju-baju kotor tersebut, ditambah baju kotor yang dibawa selama meninggalkan rumah. Jika tidak ada tenaga untuk melakukannya, Anda bisa memanfaatkan jasa penatu.

#Bersihkan teras
Bagian teras adalah bagian rumah yang paling mudah dan cepat kotor ketika ditinggal. Terlebih, jika rumah terletak di pinggir jalan besar dan banyak kendaraan yang lalu lalang, pastinya banyak debu di teras. Jika memang punya banyak waktu membersihkan rumah, jangan lupakan bagian ini.

Artikel lain:

Tips Mudik dengan Anak-anak dari Ria Miranda

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."