6 Hal Penting yang Harus Diingat Agar Mudik dan Lancar

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yunia Pratiwi

google-image
Ilustrasi persiapan mobil untuk mudik. Shutterstock.com

Ilustrasi persiapan mobil untuk mudik. Shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Mudik menjadi tradisi bagi sebagian masyarakat menjelang Lebaran. Namun perjalanan mudik menuju kampung halaman merupakan aktivitas yang kadang dianggap menjenuhkan bagi sebagian orang. Terutama bagi pengendara yang melakukan perjalanan saat sedang berpuasa.

Baca juga: Tips Mengemas Pakaian Supaya Lebih Praktis saat Mudik Lebaran

Meski jenuh, pengendara tetap perlu mematuhi aturan berkendara agar perjalanan mudik Lebaran untuk silaturahmi bertemu keluarga menjadi aman dan lancar. Berikut ini adalah imbauan berkendara menurut Kepala Shift Layanan Jalan Tol Jasa
Marga Mansur Hidayat agar perjalanan mudik menjadi aman.

1. Hindari kantuk
Kantuk merupakan salah satu kondisi yang tidak bisa dihindari saat pengendara mengalami kelelahan. Namun, perlu diantisipasi dengan tidur atau istirahat terlebih dahulu sebelum melakukan perjalanan.

2. Istirahat cukup
Istirahat cukup sehingga tubuh kembali bugar adalah salah satu langkah antisipasi paling penting sebelum berkendara.

3. Jaga kondisi kendaraan
Selain menjaga kondisi tubuh, pengendara juga perlu menjaga kondisi kendaraannya agar tidak menemui masalah kerusakan saat berada di tengah jalan.

4. Jaga jarak aman
Menjaga jarak aman dengan kendaraan yang berada di depan juga perlu diperhatikan supaya pengendara tidak terkena masalah dengan pengendara lain.

5. Sesuaikan kapasitas muatan
Jika kapasitas kendaraan hanya cukup memuat 4-5 orang, jangan memaksakan diri untuk memuat 9-10 orang karena akan membahayakan keselamatan diri sendiri dan penumpang.

6. Bawa kelengkapan surat berkendara
Periksa dan lengkapi juga surat-surat berkendara yang perlu dibawa sebelum berkendara agar tidak terkena tilang di jalan. Sudah siap melakukan perjalanan mudik Lebaran?

Baca juga: Tips agar Tetap Kuat Puasa saat Mudik

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."