Kim Kardashian dan 4 Seleb Ini Rutin Menggunakan Cuka Apel

Kim Kardashian, berpose saat tiba dalam acara CFDA Fashion Awards di Brooklyn Museum, New York, 4 Juni 2018. Evan Agostini/Invision/AP

kecantikan

Kim Kardashian dan 4 Seleb Ini Rutin Menggunakan Cuka Apel

Senin, 27 Mei 2019 10:31 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Yunia Pratiwi

CANTIKA.COM, Jakarta - Beberapa selebriti Hollywood seperti Kourtney Kardashian, Kim Kardashian dan Scarlett Johansson termasuk yang memanfaatkan cuka apel untuk kulit dan kesehatan tubuh. Cuka apel sudah lama digunakan ebagai obat rumahan untuk mengatasi berbagai hal, dari masalah sakit tenggorokan, ketombe sampai masalah pencernaan.

Baca juga: Efek Buruk Mengkonsumsi Cuka Apel Secara Rutin untuk Kesehatan

"Cuka sari apel dibuat dengan menggabungkan apel yang dihancurkan, ragi dan bakteri, memfermentasi apel menjadi asam asetat," Rachel Berman, RD, general manager Verywell kepada laman Us Weekly.  “Sari cuka apel yang keruh merupakan campuran dari asam asetat dan bakteri menguntungkan yang ditemukan di dalamnya."

Namun menurut Berman, tidak ada studi yang jelas yang mendukung pernyataan beragam manfaat cuka apel tersebut. Dia mengingatkan setiap kali ada yang mengklaim untuk detoksifikasi, itu adalah fungsi organ tubuh lainnya seperti hati dan ginjal. Ada beberapa penelitian untuk mendukung klaim bahwa cuka apel dapat membantu menurunkan glukosa darah. “Sepertinya benar untuk semua jenis cuka," kata Berman. Dia menyarankan untuk berkonsultasi dengan dokter jika ingin mengkonsumsi cuka apel.

Berikut adalah selebriti yang memanfaatkan cuka apel untuk kesehatan tubuh dan kulit.

#1. Kim Kardashian Kim Kardashian sempat mengunggah produk cuka apel organik dan buku tentang beragam manfaat cuka apel di Instagram Story pada awal Mei 2019. Buku itu adalah pemberian sang nenek, Mary Joe. "Nenek saya mengirimi saya buku ini," ujar Kim Kardashian,"dan ini adalah trik kesehatannya, jadi saya akan mulai minum."

#2. Kourtney Kardashian Kourtney Kardashian mengungkapkan bahwa ia meminum satu sendok makan cuka sari apel segera setelah bangun setiap pagi - 20 menit setelah mengonsumsi suplemen kolagen dengan perut kosong. "Kedua kebiasaan ini memiliki banyak manfaat kesehatan yang memengaruhi segalanya, mulai dari kulit Anda hingga cara tubuh Anda memproses nutrisi," tulisnya dalam website pribadinya, Poosh.

#3. Hillary Duff Hillary Duff memiliki kebiasaan minum segelas lemon. Tak lama setelah itu, ia mengonsumsi berbagai suplemen dan alat bantu kesehatan, termasuk sari cuka apel. "Saya juga benar-benar menyukai cuka sari apel - saya akan langsung meminumnya di pagi hari," katanya. "Orang-orang berpikir itu menjijikkan, tapi aku agak suka rasanya."

#4. Katy Perry Juri American Idol memiliki kebiasan mengkonsumsi cuka apel sejak kecil. "Saya meminum jus hijau dan cuka sari apel yang aneh sepanjang masa kecil saya," ujar Perry. "Ibuku memastikan bahwa apa pun yang dimasukkan ke dalam tubuhku baik untuk tubuhku. Aku benar-benar senang untuk itu meskipun itu menjijikkan."

#5. Scarlett Johansson Scarlett Johansson menggunakan cuka apel untuk kecantikan. "Jika kulit Anda bermasalah atau Anda banyak berjerawat, itu benar-benar menyembuhkan," kata bintang Avengers ini. "Agak bau, tetapi jika Anda tidak tidur dengan pasangan, itu benar-benar efektif!"