Ayo Rutin Makan Mentimun dan Rasakan Khasiatnya buat Kesehatan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yayuk Widiyarti

google-image
ilustrasi mentimun (pixabay.com)

ilustrasi mentimun (pixabay.com)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Mengonsumsi mentimun secara teratur ternyata dapat membantu mencegah kekurangan nutrisi dan mengurangi risiko penyakit kronis. Mentimun dapat disantap mentah, ditambahkan ke salad, roti lapis, atau smoothie.

Mentimun sendiri terdiri dari 95 persen air, vitamin B, C dan K, tembaga, potassium, serta mangan. Berikut ini adalah manfaat dari mentimun untuk tubuh jika dikonsumsi setiap hari menurut Boldsky.

Baca juga:

Menu Sahur Sehat, Coba Resep Sup Mentimun Telur Puyuh

#Mengurangi stres
Mentimun kaya vitamin, terutama B kompleks yang meliputi vitamin B1, B5, dan B7. Vitamin-vitamin ini bekerja sama dalam merelaksasi sistem saraf dan membantu meredakan serangan panik dan kecemasan yang disebabkan oleh stres.

#Meningkatkan kesehatan otak
Mentimun mengandung flavonoid anti-inflamasi yang bagus untuk meningkatkan kesehatan otak. Flavonoid membantu meningkatkan konektivitas neuron sehingga meningkatkan kognisi. Hal ini tidak hanya membantu menjaga memori tetapi juga melindungi sel-sel saraf dari kerusakan yang berkaitan dengan usia.

#Menyembuhkan tukak lambung
Saat maag datang, mentimun memiliki sifat untuk mendinginkan. Alkalinitas mentimun membantu menyembuhkan tukak lambung. Dua gelas jus mentimun setiap hari dapat menyembuhkan masalah yang ada pada lambung.

#Menjaga tekanan darah
Mentimun dipenuhi serat, kalium, dan magnesium. Mentimun terkenal sangat membantu dalam menjaga tekanan darah, baik itu tekanan darah tinggi atau rendah.

#Melindungi kesehatan jantung
Mentimun mengandung kalium dalam kadar tinggi dan ini sangat berguna untuk mengatur tekanan darah. Kalium bertindak sebagai elektrolit yang membantu mengatur fungsi sel dan dalam merawat sistem saraf, kontraksi otot, dan fungsi jantung. Kandungan seratnya membantu mencegah penumpukan kolesterol di arteri dan mencegah penyumbatan arteri.

#Menghilangkan racun
Mentimun kaya air, menjadikannya obat alami untuk mengatasi dehidrasi atau kelelahan. Demikian juga nutrisi dari mentimun yang bermanfaat untuk menghilangkan racun yang tidak diinginkan dalam tubuh.

#Meningkatkan kesehatan ginjal
Salah satu manfaat utama lain dari mengonsumsi mentimun secara teratur adalah membantu menurunkan kadar asam urat dalam sistem tubuh sehingga menjaga kesehatan ginjal. Mentimun juga dianggap sebagai obat alami untuk membersihkan ginjal dengan membersihkan kotoran dan melarutkan batu ginjal kecil.

Artikel lain:

Jenis Sayur Dominan Air, Cocok buat Sahur dan Buka Puasa

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."