4 Manfaat Mengkonsumsi Sup untuk Tubuh Selama Puasa Ramadan

Ilustrasi sup ayam. Shutterstock

kesehatan

4 Manfaat Mengkonsumsi Sup untuk Tubuh Selama Puasa Ramadan

Jumat, 17 Mei 2019 18:00 WIB
Reporter : Tabloid Bintang Editor : Yunia Pratiwi

CANTIKA.COM, Jakarta - Makanan berkuah jadi favorit selama Ramadan. Salah satunya adalah sup, bisa sup ayam, sup jagung, daging, dan lainnya. Kandungan airnya membantu "menyiapkan" perut untuk mencerna makanan. 

Baca juga: Resep Sup Lentil, untuk Menu Sahur yang Berbeda

Melansir laman Boldksy, semangkuk sup ternyata membawa banyak manfaat untuk tubuh ketika berpuasa. Berikut ini beberapa manfaat sup untuk tubuh.

#1. Mengembalikan cairan tubuhSup tergolong makanan yang "ringan". Dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang "ringan" ketika sahur atau berbuka, dibanding langsung mengonsumsi makanan berat. Sup juga bisa membantu mengembalikan kekurangan cairan selama seharian berpuasa. 

#2. Mencegah timbulnya rasa begahMinum semangkuk sup yang hangat dapat menghangatkan perut dan mencegah timbulnya rasa begah. Selain itu, sup juga dapat memperlancar proses pencernaan.

Resep Sup Lentil

#3. Kaya akan nutrisiRasa yang lezat dan kaya akan nutrisi seperti mineral, protein, serat, dan vitamin menjadikan sup wajib dikonsumsi di bulan puasa. Untuk memastikan kandungan nutrisi dalam sup, selalu tambahkan sayur ke dalamnya.

#4. Mencegah makan berlebihanSetelah mengonsumsi sup, biasanya Anda akan merasa cukup kenyang. Tunggulah selama 10 menit setelah Anda mengonsumsi sup, lalu mulailah makan berat. Hal ini akan mengurangi nafsu makan sehingga Anda tidak makan berlebihan.

AURA