5 Cara Bijak Memanfaatkan THR

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yayuk Widiyarti

google-image
Ilustrasi wanita memegang uang atau mendapat THR. shutterstock.com

Ilustrasi wanita memegang uang atau mendapat THR. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Mendekati Hari Raya Idul Fitri, para pekerja pun menantikan uang THR atau Tunjangan Hari Raya. Jumlah THR bervariasi dan disesuaikan dengan gaji yang didapatkan setiap bulan.

Lalu, apa saja cara bijak untuk memanfaatkan THR? Dilansir dari FlexJobs, berikut adalah lima cara bijak memanfaatkan THR yang hanya diterima satu tahun sekali.

#Membayar utang
Memiliki utang ke orang lain atau bank adalah beban. Karena itu, pada saat memiliki uang lebih, sebaiknya gunakan untuk membayar utang sebelum melakukan hal-hal lain. Membayar utang bisa menenangkan pikiran dan Anda bisa memikirkan mengenai hal-hal lain setelahnya.

#Tabungan darurat
Mendapatkan bonus atau THR  tentu meningkatkan uang tabungan di bank. Sebaiknya, uang THR jangan langsung dipakai untuk jalan-jalan atau hal-hal yang tidak darurat. Simpan persentase dari THR untuk tabungan darurat. Pada saat ada situasi darurat, seperti masalah kesehatan atau kecelakaan, Anda sudah memiliki uang untuk menghadapinya.

Baca juga:
THR Jangan Dihabiskan Belanja, Ada Persentase Investasi
3 Prioritas Alokasi Uang THR Supaya Tak Sia-sia

#Donasi
Bahkan, jika ada banyak hal lain yang ingin Anda lakukan dengan THR, tidak ada perasaan yang lebih baik daripada menyumbangkan persentase dari uang tersebut untuk tujuan yang layak. Tidak semua orang memiliki uang yang cukup untuk merayakan Idul Fitri. Perayaan ini akan lebih menyenangkan bila semua bisa ikut merayakannya. Karena itu, uang THR bisa didonasikan untuk orang lain yang lebih membutuhkan.

#Investasi
Investasi ada dua tipe, untuk meningkatkan tabungan dan untuk diri sendiri. Jika memiliki sedikit uang tunai tambahan dari THR, pertimbangkan untuk membuka akun baru dan gunakan uang tersebut untuk investasi pertama. Selain investasi untuk tabungan, Anda juga harus memikirkan cara investasi untuk diri sendiri. Anda menggunakan uang tersebut untuk mengambil kelas agar bisa meningkatkan keterampilan di tempat kerja atau hal-hal lain yang bisa meningkatkan keterampilan dengan cara positif.

#Simpanan untuk jalan-jalan
Tentu saja uang THR juga perlu dinikmati. Karena uang THR hanya diberikan satu tahun sekali, sebaiknya simpan persentase dari uang tersebut untuk jalan-jalan. Namun, jangan dihabiskan semua untuk jalan-jalan. Sebaiknya buat sebuah simpanan untuk mengumpulkan uang dari tahun ke tahun sampai akhirnya cukup untuk jalan-jalan dengan tenang.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."