THR Jangan Dihabiskan Belanja, Ada Persentase Investasi

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rini Kustiani

google-image
Ilustrasi wanita memegang uang atau mendapat THR. shutterstock.com

Ilustrasi wanita memegang uang atau mendapat THR. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Tunjangan hari raya atau THR adalah salah satu pemasukan yang paling dinanti menjelang hari raya. Kebutuhan pun bertambah, misalnya membayar zakat, ongkos mudik, beli baju Lebaran, rekreasi bersama keluarga, belanja bahan makanan saat merayakan Lebaran, sampai angpao untuk saudara, menjadi alokasi wajib THR.

Baca juga:
Baju Lebaran Ria Miranda, Gampang Dicuci Tak Perlu Setrika
Pilihan Baju Lebaran 2018 Bagi Perempuan yang Tak Berhijab

Sebelum kamu membelanjakan semua uang THR, coba perhatikan lagi kebutuhan mana yang bisa ditekan atau dihilangkan sama sekali. THR tentu bukan aji mumpung. Justru dana THR harus dikelola dengan bijaksana agar bisa menjadi dana cadangan saat diperlukan. Lebih bagus lagi jika THR dipakai untuk investasi.

Head of Wealth Management and Digital Retail Business Bank Commonwealth, Ivan Jaya berbagi tips mengelola THR. "Pertama, membuat anggaran dan skala prioritas," kata dia. Ivan Jaya menyarankan sekitar 20 sampai 50 persen dana THR agar ditabung atau diinvestasikan.

Ilustrasi: Nita Dian

Jika masih punya utang, sisa dana THR juga bisa digunakan untuk melunasinya. Adapun tabungan dari uang THR dapat dipakai untuk pengeluaran tahunan seperti membayar pajak atau kurban. "Dana THR juga bisa diinvestasikan buat kebutuhan masa depan," kata Ivan.

Dengan pengelolaan yang cermat, Ivan Jaya berharap penerima THR tidak langsung menghabiskan dana tersebut untuk kebutuhan konsumtif yang sifatnya hanya kepuasan sementara.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."