3 Prioritas Alokasi Uang THR Supaya Tak Sia-sia

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rini Kustiani

google-image
Ilustrasi foto tunjangan hari raya (THR). Tempo/Aditia Noviansyah

Ilustrasi foto tunjangan hari raya (THR). Tempo/Aditia Noviansyah

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Mengantongi uang Tunjangan Hari Raya atau THR bukan berarti kamu bisa menggunakannya untuk foya-foya. Ingat, banyak kebutuhan yang harus dipenuhi menjelang Lebaran. Perencana Keuangan dari Finansia Consulting, Eko Endarto berpendapat, wajar jika orang spontan ingin membelanjakan uang THR setelah ada di tangan atau rekening tabungan.

Baca juga:
Uang THR Tak Cukup, Apa yang Harus Dilakukan?
THR Jangan Dihabiskan Belanja, Ada Persentase Investasi

"THR memang digunakan ketika hari besar, di mana pengeluaran lebih banyak dari hari biasa dan harga kebutuhan lebih mahal," kata Eko Endarto di Jakarta, Kamis 7 Juni 2018. THR merupakan uang tambahan yang diberikan perusahaan di luar gaji.

Jadi, mendapatkan gaji sekaligus uang THR membuat orang menjadi kalap dan cenderung menghabiskannya dalam tempo singkat. Supaya uang THR tidak digunakan untuk urusan yang sia-sia, Eko berbagi tips membuat prioritas alokasinya.

1. Untuk sosial
Tentu kamu tahu ada kewajiban membayar zakat menjelang Hari Raya Idul Fitri. Supaya tidak terpakai untuk urusan macam-macam, langsung pisahkan uang untuk membayar zakat. Kamu juga bisa memisahkan uang untuk sedekah atau memberi kepada orang tua. Meskipun uang THR habis, akan terasa begitu melegakan jika memberi kepada orang yang lebih membutuhkan.

Ilustrasi menghitung uang. shutterstock.com

2. Bayar utang
Menjelang Lebaran, orang akan menerima uang dua kali lipat lebih banyak dari biasanya. Karena itu, tidak ada salahnya menggunakan uang THR untuk melunasi utang atau kewajiban lainnya jika ada. Dengan begini, beban utang akan lebih ringan di masa mendatang dan kamu bisa mengalokasikan penghasilan lebih besar untuk menabung.

3. Belanja kebutuhan Lebaran
Memenuhi kebutuhan Lebaran adalah satu hal yang tak bisa dihindari dari penggunaan uang THR. Beberapa tradisi yang sulit dilepaskan dari hari raya, misalnya membeli baju baru, membuat kue, merapihkan rumah, mudik, dan berbagai kebutuhan Lebaran lainnya. "Buat yang mudik, sisihkan uang THR untuk kebutuhan di jalan," kata Eko.

YATTI FEBRI NINGSIH

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."