Tak Mau Punya Rambut Mirip Ijuk, Atasi dengan Bahan Berikut

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yayuk Widiyarti

google-image
Ilustrasi rambut rusak. Shutterstock.com

Ilustrasi rambut rusak. Shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Memiliki rambut yang sehat, berkilau, dan jatuh terurai cantik adalah impian banyak perempuan.  Tak ada yang mau punya rambut kasar seperti ijuk. 

Selain menggunakan produk sampo, kondisioner, dan serum rambut, kita juga bisa menggunakan beberapa cara alternatif untuk mendapatkan rambut yang lembut. Bahan-bahannya pun mudah didapatkan.

#Masker madu dan pisang
Perpaduan antara pisang dan madu bisa menjadi salah satu alternatif dalam melembutkan rambut. Caranya pun sangat mudah, cukup dengan menghancurkan beberapa buah pisang sesuai kebutuhan di dalam mangkuk dan campurkan dengan satu sendok makan madu. Setelah itu aduk rata hingga berbentuk seperti masker dan oleskan para rambut yang sudah dibersihkan sebelumnya. Diamkan selama kurang lebih 60 menit, kemudian bilas dengan menggunakan sampo.

Artikel lain:

Unsur Burger yang Bagus untuk Perawatan Rambut
Aturan Pakai Lidah Buaya untuk Perawatan Rambut

#Mayones
Selain enak dimakan dengan salad, mayones juga bisa digunakan untuk melembutkan rambut karena mampu memproduksi minyak yang dibutuhkan oleh rambut agar tidak kering. Sebelum mengoleskan mayones ke rambut, kita harus membersihkan rambut terlebih dulu dengan sampo. Setelah rambut kering, oleskan mayones sebanyak satu sendok makan secara merata ke seluruh bagian rambut. Kemudian bungkus rambut dengan handuk panas dan diamkan selama kurang lebih 10-15 menit, baru kemudian bilas dengan menggunakan sampo herbal hingga bersih.

#Cuka dan minyak gandum
Bahan ketiga yang bisa digunakan untuk melembutkan rambut adalah campuran cuka dan minyak gandum. Caranya  dengan mencampurkan 100 mililiter atau setengah gelas cuka apel dengan satu sendok makan minyak gandum, oleskan ke rambut yang telah dibersihkan dan masih dalam keadaan basah secara merata, diamkan kurang lebih 10 menit, kemudian bilas hingga bersih.

#Yogurt dan telur
Yogurt dan telur memang sudah dikenal menjadi perpaduan yang sangat cocok untuk perawatan rambut karena keduanya memiliki kandungan yang baik bagi kesehatan tubuh, termasuk rambut. Dengan menggunakan campuran yogurt dan telur, rambut akan menjadi lebih kuat, terhindar dari masalah bercabang dan kerusakan rambut lain.

Caranya dengan mencampurkan satu butir telur ayam dengan enam sendok makan yogurt tanpa rasa hingga merata, oleskan campuran tersebut ke rambut yang sudah dibersihkan sebelumnya. Bungkus rambut dengan handuk dan diamkan selama kurang lebih 10 menit lalu bilas dengan menggunakan air hangat hingga bersih. 

TEEN

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."