Jangan Sembarangan Konsumsi Vitamin E, Ini Akibatnya

Ilustrasi konsumsi vitamin. Shutterstock.com

kecantikan

Jangan Sembarangan Konsumsi Vitamin E, Ini Akibatnya

Sabtu, 4 Mei 2019 13:37 WIB
Reporter : Antara Editor : Yayuk Widiyarti

CANTIKA.COM, Jakarta - Banyak orang memanfaatkan suplemen vitamin E untuk memperlambat kerusakan sel-sel tubuh. Namun, dokter menyarankan para pemilik tipe kulit berminyak berhati-hati mengonsumsinya.

"Suplemen vitamin E bagusnya untuk kulit kering dan untuk mereka yang menua," kata spesialis kulit dari Bamed Healtcare, dr. Adhimukti T. Sampurna, SpKK, FINSDV.

Dia mengatakan mereka yang kulitnya berjerawat, vitamin E bisa meningkatkan jumlah jerawat, terutama bila digunakan dalam dosis tinggi.

Baca juga:Dokter Ungkap Pentingnya Vitamin C buat TubuhManfaat Vitamin K bagi Tubuh, Konsumsinya Jangan Berlebihan

"Pada kulit yang jerawatan, vitamin E kayak pupuk, kalau digunakan dalam dosis tinggi biasanya jerawatnya makin banyak," tutur Adhi.

Sementara itu, seperti dilansir WebMD, ahli kesehatan mengatakan vitamin E dalam bentuk suplemen hanya untuk mereka yang kekurangan jenis vitamin ini, misalnya karena masalah pencernaan.

Selain itu, suplemen vitamin E bisa berbahaya pada ibu hamil. Sebuah studi menemukan perempuan yang mengonsumsi suplemen vitamin E selama delapan minggu pertama kehamilan bisa meningkatkan risiko janin terkena kelainan jantung bawaan sekitar 1,7-9 kali lipat.

Ahli kesehatan juga mengingatkan, penggunaan jangka panjang vitamin E, misalnya lebih dari 10 tahun, berhubungan dengan meningkatnya risiko terkena stroke.