Ketiak Gatal setelah Dicukur, Mungkin Ini Penyebabnya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yayuk Widiyarti

google-image
Ketiakku Sayang, Ketiakku Malang

Ketiakku Sayang, Ketiakku Malang

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Mungkin Anda pernah merasa gatal usai mencukur bulu di ketiak maupun area intim. Apa sebabnya?

"Rambutnya kepotong miring jadi tajam waktu tumbuh. Ketika tajam waktu keluar dari kulit kan menggesek, jadinya gatal," ujar spesialis kulit dari Bamed Healtcare, dr. Adhimukti T. Sampurna.

Selain itu, memang ada sensasi gatal saat rambut tumbuh setelah dicukur menggunakan pisau cukur. "Cowok cukuran gatal juga," tuturnya.

Artikel lain:
Ketiak Cita Citata Tampak Hitam, Ketahui 4 Kiat Mencerahkannya

Adhi mengatakan jika mencukur bisa dilakukan secara lurus maka rasa gatal tidak akan muncul. Namun, pisau cukur umumnya dirancang miring sehingga rambut yang terpotong ikut miring.

Ada sejumlah alternatif untuk membersihkan rambut tanpa harus mencukur, misalnya dengan mengguntingnya. Hanya saja, hasilnya cenderung tak memuaskan karena menyisakan rambut. Pilihan lain adalah menggunakan krim atau waxing, tapi itu juga memiliki kelemahan.

"Krim depilasi kadang iritasi, kalau waxing menyebabkan rambut tumbuh memutar balik ke dalam (kulit), sebabkan kista folikular. Kalau sudah muncul kista, bisa di-remove dengan cara bedah," jelasnya.

Cara lain adalah dengan menggunakan teknologi laser dan IPL (Intense Pulsed Light). Menurutnya, keduanya relatif lebih aman. Sebenarnya, membiarkan rambut yang tumbuh tetap pendek juga tak berdampak buruk. Namun, Anda harus menjaga kebersihannya.

"Saat mandi dibersihkan menggunakan sabun, sebaiknya dijaga pendek, tapi dengan digunting," kata Adhi.

Baca juga:
Cara Memutihkan Ketiak dengan 5 Bahan Alami

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."