Tips Makeup Memilih Foundation untuk Pemilik Kulit Gelap

Ilustrasi foundation atas alasa bedak. Unsplash.com/Manu Camargo

kecantikan

Tips Makeup Memilih Foundation untuk Pemilik Kulit Gelap

Jumat, 26 April 2019 07:00 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Yunia Pratiwi

CANTIKA.COM, JakartaFoundation atau alas bedak salah satu item penting saat makeup. Jika salah memilih warna dan tekstur foundation akan berdampak pada keseluruhan makeup. Sebab itu, Anda harus menemukan foundation yang tepat untuk wajah, terutama untuk Anda yang memiliki kulit berwarna gelap.

Baca juga: 4 Tips Makeup Meratakan Foundation Pakai Jari

“Banyak jenis kulit, terutama untuk kulit gelap, cenderung memiliki nuansa yang berbeda dengan wajah, sehingga membutuhkan satu atau dua foundation agar sempurna,” ujar penata rias Kim Bower yang merias Danai Gurira aktris serial The Walking Dead, seperti dilansir dari laman Instyle.

Danai Gurira. Instagram.com

Kim Bower menyarankan agar memilih foundation yang warnanya sama dengan keseluruhan kulit Anda. Selain itu pilihlah satu lagi foundation yang warnanya setengah di bawah warna kulit untuk untuk bagian pusat wajah.

Sementara Janice Kinjo, yang merupakan makeup artist aktris Mindy Kaling menggunakan dua sampai tiga warna foundation untuk memberi dimensi pada tampilan si aktris. Terutama untuk membuat highlight pada area yang cenderung berpigmen seperti di bawah mata dan sekitar mulut.

Agar tidak terlihat cakey, Janice Kinjo hanya menggunakan satu tetes setiap warna foundation. “Terlepas dari banyaknya foundation yang Anda gunakan, pilihlah yang berwarna oranye, karena warna kuning dan putih akan menyebabkan si kulit gelap menjadi pucat,” ujarnya.

Kesalahan terbesar pada perempuan berkulit gelap adalah mereka cenderung memilih warna foundation yang juga terlalu gelap. “Pilihlah warna yang cocok dengan area wajah bagian tengah, karena akan memberikan efek wajah lebih cerah dan menyala secara keseluruhan,” kata Nick Barose makeup artist Lupita Nyong’o.