Memahami Kriteria Rambut Sehat Menurut Dokter

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yayuk Widiyarti

google-image
Ilustrasi rambut indah. Shutterstock.com

Ilustrasi rambut indah. Shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Rambut adalah bagian tubuh yang menunjang penampilan. Karena kerap jadi pusat perhatian, rambut harus dirawat agar senantiasa sehat.

Pertanyaan yang kemudian muncul, seperti apa definisi rambut sehat sebenarnya? Pakar dermatologi dr. Gloria Novelita SpKK, menjelaskan, ciri-ciri rambut sehat di antaranya mengkilap, ujungnya rata atau tidak bercabang, dan kuat alias tidak mudah rontok.

"Struktur rambut terdiri kutikula, korteks, dan medula. Kutikula bentuknya seperti sisik yang bertumpuk, bertujuan melapisi korteks. Korteks bagian terpenting rambut. Di dalamnya berisi keratin atau protein rambut yang mengatur kekuatan rambut. Di sini juga terkandung serat dan pigmen rambut. Kesehatan korteks tergantung pada kondisi kutikula," kata Gloria.

Artikel terkait:
3 Masalah Rambut Panjang dan Cara Mengatasinya

Batang rambut dilindungi kutikula. Kutikula tidak boleh terbuka karena membuat korteks terpapar dan mudah rusak. Penyebab kerusakan batang rambut antara lain perawatan atau penataan rambut, misalnya penggunaan catokan, pngering, dan sebagainya.

Panas yang dihasilkan pengering meningkatkan suhu air yang ada di akar rambut. Panas yang tiba-tiba membuat air di akar rambut menguap dan membentuk gelembung-gelembung bertekanan tinggi di batang rambut.

"Akibatnya, rambut menjadi rapuh dan mudah patah," Gloria menyambung.

Baca juga:
Manfaat Minyak Kelapa untuk Rambut, Basmi Ketombe sampai Kutu

Public Relation Manager PT Kino Indonesia, Tbk., Yuna Eka Kristina, menambahkan penelitian pada 2017 yang melibatkan 11 ribu responden menyatakan bahwa 40 persen wanita terbiasa memakai alat pemanas rambut. Bahkan, ada peningkatan 5 persen jika dibandingkan tahun sebelumnya. Rata-rata pengering dipakai mengeringkan rambut 1 sampai 2 kali sehari.

"Panas hair dryer bisa mencapai 150 derajat Celsius. Dengan pengaturan jarak hair dryer dan rambut, rata-rata suhu yang sampai ke rambut 80 sampai 100 derajat Celsius. Bayangkan jika setiap hari rambut kita terkena panas dari hair dryer. Belum lagi paparan sinar matahari di negara tropis," Yuna mengingatkan.

AURA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."