3 Masalah Rambut Panjang dan Cara Mengatasinya

Reporter: Cantika.com
Editor: Rini Kustiani
Sabtu, 29 Desember 2018 20:00 WIB
3 Masalah Rambut Panjang dan Cara Mengatasinya

CANTIKA.COM, Jakarta - Memiliki rambut panjang membuatmu bebas berekspresi. Kamu bisa menguncir, mengepang, menyanggul, bahkan membiarkan rambut tergerai indah.

Baca: Anne Avantie: Rambut Saya Begini Terus, tapi Mahal

Sebagian orang memilih memelihara rambut panjang karena menurut mereka itulah ciri khasnya. Seperti yang dilakukan oleh Aliia Nasyrova, perempuan asal Latvia, Eropa Utara. Wanita 27 tahun itu membiarkan rambutnya terus memanjang selama 20 dan kini mencapai 2,4 meter.

Kalaupun kamu tak ingin memiliki rambut sepanjang itu, ada saja masalah yang dihadapi ketika memelihara rambut panjang. Berikut ini 3 masalah yang biasa dihadapi ketika rambut sudah mulai panjang dan cara mengatasinya.

1. Rambut kusut
Ini adalah pengalaman yang terjadi berulang kali saat menyisir rambut. Saat bangun tidur, setelah mandi, pulang kerja atau kuliah, rambut panjang jadi rentan kusut dan sakit bukan main jika tertarik.

Kalau rambutmu kusut setelah bangun tidur, mengutip situs Cleo, maka kamu harus mengecek sarung bantal untuk tidurmu semalam. Sarung bantal berbahan katun berpotensi membuat rambut kusut, terutama kalau kamu sering mengubah posisi bantal saat tidur.

Ilustrasi wanita menyisir rambut. shutterstock.com

Untuk menghindari masalah ini, kepanglah rambut sebelum tidur. Ikatan pada kepang jangan terlalu ketat, namun juga jangan terlampau kendur sehingga jalinan rambut mudah terlepas.

2. Keramas
Mencuci rambut panjang tentu membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Untuk mencuci rambut saja, kamu bisa menghabiskan waktu 10 sampai 20 menit untuk memastikan dari kulit kepala sampai ujung rambut sudah bersih. Seusai keramas, tangan jadi pegal karena cukup lama terangkat.

Baca juga: Berapa Suhu yang Tepat Saat Mencatok Rambut?

Jika tak ingin terlalu lama keramas, cobalah dengan mengutamakan kebersihan kulit kepala dulu. Jika bagian pangkal sudah bersih, lanjutkan ke bagian ujung rambut.

3. Ikat rambut putus
Rambut yang panjang seolah menjadi musuh bagi ikat rambut. Alat pengikat rambut bisa jadi kalah dengan jalinan rambutmu yang lebih berbobot karena ukurannya cukup panjang. Jadi, selalu bawa ikat rambut cadangan supaya tetap bisa mengikat setiap helai rambut indahmu.

ASTARI PINASTHIKA SAROSA

Artikel lainnya: Kutu Rambut Menular, Basmi dengan Masker Minyak Sayur