Kiat Mencegah Masalah Kulit Akibat Penggunaan Produk Perawatan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yayuk Widiyarti

google-image
Ilustrasi masalah kulit (pixabay.com)

Ilustrasi masalah kulit (pixabay.com)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Efek samping berupa jerawat atau kulit mengelupas akibat penggunaan produk perawatan kulit dapat diatasi dengan pencegahan sebelum pengguna menghentikan pemakaian produk. Bagaimana pencegahannya?

"Dipakai dulu di tangan atau di belakang telinga. Jika ada keluhan atau efek samping, kondisi itu tidak mengganggu aktivitas sehari-hari pengguna," kata Direktur Penelitian dan Pengembangan PT Paragon Technology & Innovation, Sari Chairunnisa.

Sari mengatakan efek samping penggunaan produk perawatan kulit yang tidak cocok tergantung pada kadar iritan bahan perawatan kulit itu. Semakin tinggi kadar iritan, semakin cepat efek samping akan muncul, seperti panas dan gatal.

Baca juga:
7 Bahan Alami yang Cocok untuk Segala Jenis Kulit
Sayangi Kulit, Hindari 4 Kebiasaan Ini sebelum Tidur

Selain iritasi, produk yang tidak cocok bagi kulit juga dapat menimbulkan keluhan lain seperti komedo, bruntusan, sampai kering atau agak merah, hingga perih.

"Sebenarnya, jika ada reaksi, dihentikan (penggunaan produknya). Untuk mengetahui produk mana yang menyebabkan reaks), kita coba satu-satu," ujar Sari.

Setelah mencoba satu-satu produk yang dapat menyebabkan efek samping, pengguna harus menghentikan pemakaian produk itu.

"Misalnya facial wash, day cream, night cream, atau serum," ujar Sari.

Sari menyarankan produk perawatan yang dibeli pada malam hari sebaiknya diuji coba selama tiga hari berturut-turut untuk mengetahui efek samping produk pada kulit.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."