Tips Makeup Hindari 5 Cara Pakai Eyeshadow Agar Tak Terlihat Tua

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yunia Pratiwi

google-image
Ilustrasi menggunakan eyeshadow. youtube.com

Ilustrasi menggunakan eyeshadow. youtube.com

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaMakeup mata dapat mempengaruhi penampilan wajah secara keseluruhan. Misalnya pemakaian eyeshadow jika dilakukan dengan benar dapat membuat wajah terlihat lebih segar, mata terlihat lebih berekspresi.

Baca juga: Cara Memakai Eyeliner Sesuai dengan Bentuk Mata

Tapi sebaliknya jika salah, akan terlihat sangat berantakan. Mata terlihat lebih kecil sehingga secara keseluruhan makeup wajah terlihat kurang seimbang. Melansir laman Good Housekeeping UK, Fred Letailleur Makeup Artist YSL Eropa memaparkan kesalahan dalam penggunaan eyeshadow serta tips makeup yang tepat.

#1. Tidak membaurkan dengan benar
Ini kesalahan yang paling umum dilakukan. Bagian ujung eyeshadow mestinya dibaurkan untuk menghindari garis-garis kasar dan percampuran warna lainnya dengan warna kulit. “Untuk dapat membaurkan eyeshadow dengan sempurna selalu gunakan brush khusus untuk membaurkan yang bersih, ini akan menghindari mata terlihat koor dan menjaga tiap warna tetap hidup,” ujar Fred Letailleur.

Dia juga menyarankan untuk menggunakan eyeshadow primer atau eyeshadow berwarna nude pada seluruh kelopak mata sebelumnya. Sedangkan untuk menyempurnakan garis mata dapat menggunakan korektor warna atau concealer.

#2. Tidak mengetahui bentuk mata
Dengan mengetahui bentuk mata dapat mempengaruhi cara pemakaian eyeshadow. Misalnya, mereka yang memiliki mata berpelupuk, harus fokus untuk menerangi sudut dalam mata mereka untuk membantu mata terlihat lebih besar. Menurut Fred Letailleur dengan mengetahui bentuk mata, menjadi dasar untuk merias bagian mata. “Warna-warna netral dapat menonjolkan mata, ingat aturan dasarnya semakin banyak menggunakan warna gelap, mata akan terlihat semakin kecil,” ujarnya.

#3. Salah menempatkan warna gelap

Makeup mata bergaya smokey eye bermain pada pemilihan eyeshadow. Selain membuat mata terlihat lebih kecil dan kelopak mata Anda tampak berat, namun juga membuat wajah terlihat lebih tua. “Kesalahan umumnya, terlalu mengintensifkan sudut dalam. Pastikan menggunakan tekstur lembut dan baurkan untuk mengindari bentuk mata tidak seimbang,” ujar Fred Letailleur. Dia menganjurkan hindari mengaplikasikan eyeshadow lebih rendah dari batas bawah waterline. Ini dapat membuat mata terlihat lebih turun dan menonjolkan garis halus.

#4. Tidak menyeimbangkan eyeshadow dengan riasan wajah lainnya
Aturan umum yang paling sering dilakukan para makeup artist adalah: mata atau bibir. “Warna eyeshadow bisa digunakan sebagai pernyataan dengan cara yang sama seperti menggunakan lipstik merah,” ujar Letailleur. Jika Anda memutuskan untuk memilih tampilan eyeshadow yang berani, dia merekomendasikan untuk memilih warna lipstik lebih lembut. Ini untuk menciptakan keseimbangan yang lebih alami yang menyanjung seluruh penampilan. Demikian juga, jika Anda memilih warna bibir yang berani, pilihlah warna netral di kelopak mata.

Lebih lanjut Fred Letailleur menjelaskan teknik yang dapat membuat riasan wajah terlihat lebih tua adalah pemilihan warna yang lebih gelap. Dia menyarankan untuk menggunakan eyeshadow berwarna pucat di bagian kelopak mata dan warna medium pada bagian rongga mata. Ini akan membuat mata terlihat lebih segar.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."