Olahraga di Tangga Banyak Manfaatnya, Simak 5 Hal Sebelum Mencoba

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yunia Pratiwi

google-image
Ilustrasi wanita lari di atas tangga. Unsplash.com/EV

Ilustrasi wanita lari di atas tangga. Unsplash.com/EV

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Jika yang sedang mencari kegiatan fisik untuk membakar lemak dan menurunkan berat badan tapi punya peralatan atau tempat latihan khusus, cobalah berolahraga di tangga. Tangga adalah tempat yang mudah ditemui, di rumah, di kantor, atau fasilitas umum.

Baca juga: 6 Gerakan Olahraga Setelah Melahirkan untuk Bakar Lemak

Naik turun tangga terbukti efektif membakar kalori, tanpa perlu ke pusat kebugaran. Berlari menaiki tangga dalam satu jam mampu membakar 935 kalori. Supaya bisa membakar kalori dalam jumlah yang sama, kita harus berlari cepat di permukaan datar.

Berlari di tangga juga akan menggerakkan otot-otot paha, betis, inti tubuh, hamstring, dan pantat, serta akan meningkatkan stamina sebesar 17 persen dalam delapan minggu. Melansir laman India Times, jika tertarik mencoba olahraga di tangga, perhatikan beberapa hal berikut ini.

#1. Pemanasan
Kita bisa memulainya dengan berlari kecil atau naik turun beberapa anak tangga dengan perlahan. Pastikan posisi bahu yang tegak dan pandangan mengarah ke depan. Ulangi kegiatan ini tiga kali atau lakukan selama tiga menit.

#2. Melangkah naik
Mulai langkah dengan kaki kanan. Luruskan lutut kanan untuk berdiri di anak tangga berikut sementara kaki kiri diangkat sehingga posisi pinggul dan lutut membentuk sudut 90 derajat. Tahan posisi kaki kanan, tekuk lutut kanan seiring dengan diletakkannya kaki kiri di anak tangga tapi tanpa menumpukan beban ke kaki kiri, begitu seterusnya.

#3. Lakukan sebaliknya
Bila sebelumnya langkah dimulai dengan kaki kanan, maka kini giliran kaki kiri yang memulainya. Lakukan sebanyak 12 kali, dan ulangi 12 kali lagi pada sisi yang berbeda.

#4. Gaya mendaki
Posisi badan seperti hendak push-up dan tangan berada di anak tangga kedua, kaki lurus ke belakang. Setelah itu melompat-lompatlah secara bergantian kaki kiri dan kanan dangan tangan tetap di anak tangga. Lakukan sebanyak 12 kali tanpa jeda.

#5. Lari naik dan turun
Berlarilah sampai ke puncak tangga secepat mungkin dan kemudian turun lagi. Bantuan ayunan tangan akan menambah kekuatan dan kecepatan. Semakin cepat ayunan tangan, semakin cepat kaki bergerak. 

YAYUK WIDYARTI

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."