Ingin Memutihkan Gigi Sendiri di Rumah, Ini Kata Dokter

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yayuk Widiyarti

google-image
Ilustrasi gigi (pixabay.com)

Ilustrasi gigi (pixabay.com)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Gigi putih menjadi idaman semua orang. Dengan memiliki gigi yang putih, seseorang bisa merasa lebih percaya diri.

Ada beberapa cara memutihkan gigi, yaitu dengan bleaching atau veneer. Keduanya merupakan cara yang tidak alami karena menggunakan bahan kimia atau bahan tambahan untuk membuat gigi menjadi lebih putih. Karena itu, beberapa orang memutuskan untuk melakukan pemutihan gigi dengan cara alami.

Namun, ada yang perlu diperhatikan saat memutuskan untuk memutihkan gigi dengan cara natural. Banyak mitos yang mengatakan kalau pemutihan gigi yang dilakukan di rumah sama baiknya dengan pemutihan di dokter gigi. Faktanya, pemutihan gigi secara natural tidak akan memberikan hasil yang sama dengan pemutihan gigi di dokter gigi.

Artikel lain:
Manfaat Veneer Gigi Tak Hanya untuk Memutihkan

Tips Bikin Gigi Putih dengan Kunyit dan Arang

“Banyak cara-cara pemutihan gigi yang natural dengan bahan-bahan yang ada di sekitar, seperti stroberi, lemon, baking soda, arang, dan lain-lain. Walaupun bisa dilakukan di rumah sendiri, hasilnya tidak signifikan,” kata spesialis prosthodonti drg. Andy Wirahadikusumah.

Mengapa bahan-bahan seperti stroberi, baking soda, dan lemon sering dianjurkan sebagai pemutihan gigi secara natural? “Itu ada asamnya. Kenapa menjadi lebih putih? Dengan bahan yang bersifat asam itu kasar, akibatnya akan mengikis lapisan paling luar gigi,” jelas Andy.

Dia juga menjelaskan kalau terlalu sering melakukan pemutihan, di dokter maupun di rumah, gigi akan menjadi ngilu dan sensitif. Perbedaannya, pemutihan gigi di dokter bisa memberikan hasil yang lebih signifikan dibanding pemutihan gigi di rumah.

Kalau ingin mencoba memutihkan gigi di rumah, jangan lakukan hal tersebut setiap hari. Bahkan, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dulu sebelum memutihkan gigi dengan cara alami.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."