Tips Bikin Gigi Putih dengan Kunyit dan Arang

Reporter: Cantika.com
Editor: Rini Kustiani
Minggu, 13 Januari 2019 06:14 WIB
Tips Bikin Gigi Putih dengan Kunyit dan Arang

CANTIKA.COM, Jakarta - Perawatan gigi tak hanya dilakukan dengan menyikat gigi dan berkumur dengan cairan pembersih mulut. Warna gigi yang putih juga menjadi hal yang harus diperhatikan dalam perawatan gigi.

Baca: Hindari 10 Kebiasaan Jelek Ini Bila Ingin Gigi Sehat

Mengutip laman Ask The Dentist, ada bahan alami yang bisa digunakan untuk membuat gigi lebih putih, yakni kunyit dan arang. Kalau dilihat kasat mata, mungkin kamu ragu bagaimana kunyit yang warnanya kuning dan arang yang hitam bisa memutihkan gigi.

Dokter gigi Mark Burhenne menjelaskan kunyit dan arang adalah bahan alami yang aman untuk memutihkan dan menjaga kesehatan gigi. Dia tak menyarankan memakai cuka apel, stroberi, atau baking soda untuk memutihkan gigi karena kandungan asamnya justru menggerus lapisan email gigi.

Beberapa hal lain yang harus diperhatikan untuk menjaga warna gigi tetap putih bersih dan sehat adalah cara menggosok gigi dan diet yang tepat. Berikut ini cara memutihkan gigi menggunakan kunyit dan arang.

# Arang aktif atau activated charcoal
Sekitar dua abad lalu, activated charcoal dikenal sebagai kandungan mematikan. Seiring perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan, dalam porsi yang tepat bahan tersebut bermanfaat untuk produk kecantikan, termasuk pasta gigi dan pemutih gigi.

Ilustrasi sabung arang. Teen.co.id

Tak seperti produk pemutih dengan kandunan hidrogen peroksida yang masuk hingga ke lapisan bawah email gigi, activated charcoal hanya menyasar di area permukaan gigi. Pembersihkan dilakukan secara bertahap menyasar lapisan-lapisan akibat sisa makanan, minuman, atau kandungan dari rokok yang menempel pada gigi.

Cara penggunaan yang disarankan adalah dengan mengoleskan pasta gigi berbahan activated charcoal pada gigi. Diamkan selama 5 sampai 10 menit sebelum menggosok dan membersihkan gigi dengan benar. Jangan lakukan cara ini setiap hari untuk menghindari pengikisan pada gigi.

# Kunyit
Kunyit dikenal sebagai obat-obatan dalam cara penyembuhan Ayurvedia sejak 5.000 tahun lalu. Memang belum ada penelitian lengkap tentang efektivitas kunyit sebagai pemutih gigi. Namun sebuah studi pada 2012 menunjukkan kunyit mampu melawan gingivitis. Kemunculannya menjadi pesaing berat obat kumur yang berkhasiat menghilangkan plak, bakteri, dan peradangan.

Artikel lainnya:
Aura Kasih Punya Rahasia Kecantikan Tradisional Plus Redakan Mag


Ilustrasi kunyit. Ndtv.com

Untuk penggunaannya, Mark Burhenne menyarankan mencampur kunyit dengan minyak kelapa untuk memutihkan gigi. Kedua campuran itu berkhasiat menghilangkan noda, tidak menimbulkan efek pengikisan berlebihan, dan baik untuk kesehatan gigi.

SILVY RIANA PUTRI