Jangan Golput, Ini Manfaat Ikut Pilpres buat Pemilih Pemula

Reporter: Tabloid Bintang
Editor: Yayuk Widiyarti
Kamis, 11 April 2019 18:34 WIB
Jangan Golput, Ini Manfaat Ikut Pilpres buat Pemilih Pemula

CANTIKA.COM, Jakarta - Pemilihan presiden atau Pilpres akan dilakukan pada 19 April 2019. Buat yang belum pernah ikutan pemilu, maka jadikan momen itu sebagai jalan awal untuk lebih mengerti dunia politik.

Selain itu, kita juga harus tahu bahwa suara kita sangatlah penting dan menentukan bagi perkembangan daerah dan negara. Jadi, jangan hanya ikutan ramai di media sosial saja, lebih baik benar-benar ikutan nyoblos.

Selain ikut meramaikan momen Pilpres 2019, ternyata ikutan memilih dalam pemilu juga memiliki beberapa manfaat. Berikut di antaranya.

Baca juga:
Harapan Cinta Laura untuk Pemenang Pilpres 2019
Gaya Hiijab Istri Cawapres di Debat Pilpres 2019

#Dapat pengalaman baru
Buat pemilih baru, cobalah rasakan sensasi nyoblos dalam bilik suara. Pasti kalian akan sangat mengingat momen itu. Bahkan, besar kemungkinannya kalian juga akan pamer hal itu di media sosial.

#Mendapatkan ilmu
Jika sudah bertekad ingin ikut memberikan suara, pastinya kalian telah mengawal perjalanan dari para calon sejak awal kampanye. Saat mengikuti setiap berita dari para calon tersebut, kalian pasti mendapatkan banyak ilmu baru, misalnya saja bisa mengerti karakter baik dari para pemimpin hingga tahu cara menilai calon dari program kerja.

#Belajar memilih pemimpin sesuai prinsip
Ingatlah bahwa kalian tak akan selalu jadi pemilih baru. Jadi, kalian juga harus memiliki prinsip mulai sekarang. Kalian harus bisa memilih calon pemimpin yang sesuai dengan prinsip yang dimiliki. Tentunya kalian terlebih dulu harus mencari tahu tentang program kerja hingga latar belakang dari para calon. Dengan bisa memilih calon pemimpin, kalian juga dianggap satu langkah lebih dewasa, sebab kelak kalian akan selalu dituntut untuk memilih agar bisa hidup lebih baik.

#Meningkatkan kemampuan bersosialisasi
Bersosialisasi adalah hal paling penting yang harus dilakukan anak muda. Tak hanya mendapatkan teman, bersosialisasi juga bisa membuat kalian mendapatkan banyak ilmu. Dengan memiliki niat untuk ikut memberikan suara, pastinya kalian juga akan sering berdiskusi dengan orang lain mengenai para calon pemimpin. Melalui diskusi itulah kalian bisa mendapatkan manfaat lain, yaitu berani bersosialisasi dan mengutarakan pendapat kalian.

TEEN