Daftar Produk Perawatan Kulit yang Wajib Digunakan di Usia 20-an

Reporter: Cantika.com
Editor: Yunia Pratiwi
Kamis, 11 April 2019 07:30 WIB
Daftar Produk Perawatan Kulit yang Wajib Digunakan di Usia 20-an

CANTIKA.COM, Jakarta - Sebagai generasi millenial tentu ingin kerutan yang hadir sebagai tanda-tanda penuaan muncul dengan perlahan. Namun, siapa pun tak bisa bebas dari kerutan.

Baca juga: 5 Kiat Mencegah Pori-pori Kulit Tersumbat Minyak dan Kotoran

Cara pencegahan munculnya keriput juga beragam. Salah satunya dengan menggunakan produk anti penuaan secara rutin. Selain itu, Anda juga membutuhkan kapan waktu yang tepat mengganti produk perawatan kulit masa remaja ke level yang lebih tinggi.

#Awal 20-an
Di usia awal 20-an, awal masa dewasa baru dimulai. “Mekanisme perbaikan kulit mulai memperlambat pada usia 20,” kata dokter kulit Harold Lancer seperti dilansir dari laman Huffington Post. Pada wanita, ada pergeseran hormonal, seperti penurunan estrogen dan testosteron meningkat. Apa yang Anda lakukan pada masa ini akan menentukan bagaimana penampilannya nanti.

Ini adalah waktu yang tepat membangun disiplin dan kebiasaan merawat kulit wajah. Tentu dengan cara yang benar tidak berlebihan yang justru bisa menyebabkan wajah iritasi. Berikut ini beberapa produk perawatan kulit yang harus diperhatikan di usia awal 20-an.

1. Ganti sabun pencuci wajah berjerawat
“Ganti pembersih jerawat berbusa, karena terlalu keras,” jelas ahli kecantikan Caroline Hirons. Kecuali Anda berada di bawah instruksi khusus dari dokter kulit untuk menggunakannya, pilihlah yang lebih lembut. Seperti milk cleanser akan menyeimbangkan kulit dan menghilangkan kotoran hari itu. Jangan lupa mencuci wajah dua kali sehari, gunakan cleansing oil untuk malam hari dan membersihkan riasan wajah sebelum melakukan rutinitas perawatan kulit. Hindari menggunakan tisu pembersih untuk membersihkan wajah Anda secara keseluruhan.

2. Mulai Exfoliasi tiga kali seminggu
“Anda harus merangsang kulit untuk memperbaikinya,” kata Lancer. Pastikan menggunakan scrub pada malam hari, sehingga kulit memiliki waktu untuk memperbaiki.

3. Ganti toner
“Saya selalu merekomendasikan pada klien yang masih muda agar meninggalkan produk astringen, ganti dengan sesuatu yang lebih menyeimbangkan ,” kata ahli kecantikan Joanna Vargas. Seperti rose water yang sangat melembabkan dan baik untuk sirkulasi, dan bekerja untuk semua jenis kulit. 

4. Mulai menggunakan krim mata
“Kulit di sekitar mata sangat tipis dan lembut, yang berarti tanda-tanda penuaan cenderung mulai dari sana,” kata Vargas. Anda harus menggunakan krim mata yang melembabkan baik untuk siang atau malam hari. Ini untuk menjaga munvulnya garis-garis halus di sekitar mata. Cukup dengan menepukkan produk menggunakan jari, dan pastikan krim meresap ke dalam kulit.

5. Rajin pakai tabir surya
“Perlindungan matahari sehari-hari, sangat membantu untuk mencegah munculnya tanda-tanda penuaan,” kata Hirons. Gunakan tabir surya sampai SPF 30.

6. Mengetahui manfaat asam glikolat
Asam glikolat terkenal dengan sifat sebagai pelapis ulang dan murni, sehingga membantu regenerasi kulit, mengobati jerawat dan komedo. “Selain itu juga membantu mengecilkan pori-pori dan memperbaiki tekstur kulit secara keseluruhan," kata Vargas. Asam glikolat berasal dari bahan alami.

7. Mulai mengetahui antioksidan
“Ada komponen gaya hidup yang sangat besar untuk perawatan kulit,” kata Dr Lancer. Pada usia ini, Anda sering pergi ke pesta mengkonsumsi alohol, dan dikeliling olehproduk tembakau. Kuncinya adalah antikoksidan.

8. Mencoba gunakan facial oil
Minyak adalah standar utama perawatan kulit, terutama karena mengandung bahan kuat dan memiliki sifat pelembab yang optimal. “Minyak yang tepat juga dapat membantu memperbaiki bekas jerawat dan jerawat,” kata Caroline Hirons.

Selanjutnya... Usia pertengahan 20 dan akhir usia 20


#Pertengahan 20-an
Setelah membangun fondasi yang baik untuk kulit, sekarang merawatnya sedikit lebih serius. “Pada usia 25, mekanisme kulit telah melambat dan mempengaruhi seluruh tubuh Anda,” kata Dr Lancer. Anda bsa mendatangi dokter kulit bersertifikat untuk mendiskusikan masalah kult seperti hiperpgmentasi atau jerawat hormonal. Lakukan facial wajah atau mini-peel sebulan sekali, untuk mendetoks pori-pori

1. Gunakan scrub
Pada pertengahan 20-an, kulit Anda lebih kentang yang lembit. Gunakan scrub tiga kali seminggu sebelum tidur. Malam hari jangan lupa rutinitas membersihkan wajah secara ganda, tabir surya, krim mata, minyak dan pelembab antioksidan Anda.

2. Tingkatkan serum Anda
“Pelembab adalah untuk jenis kulit, tapi serum untuk kondisi kulit,” jelas ahli kecantikan Caroline Hirons. Itu berarti saatnya untuk mulai memperlakukan apa pun yang mengganggu kulit Anda dengan beberapa bahan yang memperbaikinya secara serius, pagi dan malam hari.

“Asam alpha-hydroxy akan membantu untuk mengeringkan jerawat hormonal dan pengelupasan ringan," katanya. Antioksidan, seperti vitamin C, akan membantu untuk melindungi dan mencerahkan bintik-bintik serta bekas jerawat. Meski kulit tidak bermasalah, tetaplah menggunakan serum.

3. Perbarui toner Anda
Setelah melepas toner jerawat berbasis alkohol, waktunya mengganti toner yang lebih serius. “Asam toning sangat penting, karena memberikan mengelupaskan kulit dengan lembut dan ringan” kata Hirons.

4. Perbarui masker Anda
Sekarang waktunya berinvestasi pada produk perawatan kulit yang bertujuan untuk anti penuaan. Menggunakan produk yang mengandung asam laktat juga dapat meringankan jerawat dan meminimalkan pori-pori.

5. Gunakan krim malam
Tidur adalah waktu yang sangat penting untuk kulit. Berikan kulit Anda nutrisi sebelum tidur dengan face oil, atau krim malam dan face oil, tergantung pada jenis kulit Anda.

#Akhir 20an
"Kulit Anda membutuhkan perawatan serius mulai usia 29,” kata Vargas. Kemampuan tubuh Anda untuk memproduksi sel kulit baru melambat sepenuhnya. Ini adalah kesempatan terakihr sebelum masuk usia 30. Mulai menggunakan retinol dan belajar bagaimana melindungi penghalang kulit Anda dengan cara yang besar.