Sebab Cantika Abigail Memutuskan Jadi Vegan

Penyanyi Cantika Abigail Santoso. TEMPO/Wisnu Agung Prasetyo

kesehatan

Sebab Cantika Abigail Memutuskan Jadi Vegan

Senin, 8 April 2019 14:56 WIB
Reporter : Astari Pinasthika Sarosa Editor : Yayuk Widiyarti

CANTIKA.COM, Jakarta - Penyanyi GAC, Cantika Abigail, memutuskan untuk menjadi vegan 10 bulan lalu dan sudah menjadi vegetarian selama 1,5 tahun sebelumnya. Vegan adalah orang yang tidak makan produk binatang ataupun hasilny, sedangkan vegetarian adalah orang yang tidak makan daging.

Cantika menjelaskan proses menjadi vegan dan bagaimana dampaknya pada kesehatan dan lingkungan. Ia pertama kali memutuskan menjadi vegetarian karena tidak sengaja melihat video yang menunjukkan kekejaman pada binatang untuk dimakan.

Artikel lain:Kian Banyak Wanita Menggunakan Produk Kecantikan Vegan, Apa Itu?

“Jadi awalnya karena melihat video dan jadi enggak tega sama binatang. Tapi setelah dipelajari ada juga manfaatnya untuk kesehatan dan lingkungan,” tutur Cantika.

Setelah menjadi vegetarian, ia semakin menyadari nutrisi apa saja dalam makanan yang dikonsumsi setiap hari.

As simple as memilih makanan sehari-hari, kadang kita tidak benar-benar 100 persen sadar dalam memilih makanan. Menurut aku, pas aku vegan, kesadaran akan apa yang aku masukin ke tubuh jadi jauh meningkat banget,” lanjutnya.

Penyanyi, Cantika Abigail Santoso di Rumahnya daerah Pulomas, Jakarta Timur, 21 Desember 2014. TEMPO/Wisnu Agung Prasetyo

Bahkan, setelah 6 bulan menjadi vegetarian, Cantika sempat makan daging di acara ulang tahun sahabatnya. Namun, badannya langsung terasa kencang dan kepalanya menjadi pusing.

Selain itu, dampak positif lain yang didapatkan Cantika sebagai seorang vegan adalah pada kesehatan. Pada saat awal memutuskan untuk menjadi vegan, orang tuanya sempat ragu dan takut anaknya tidak mendapatkan nutrisi yang cukup. Karena itu, dia memutuskan untuk berkonsultasi dengan dokter.

“Aku punya masalah autoimun dan tanya kalau aku jadi vegan bisa ada masalah atau enggak. Dokter bilang malah bagus, tidak minum susu dan banyak makan sayur,” jelasnya.

Dia merasa kalau menjadi vegan adalah pilihan yang tepat untuknya. Namun, Cantika tidak merasa perlu mendorong teman-teman dan keluarganya untuk menjadi vegan. Bahkan pada saat ke restoran, Cantika lebih sering mengikuti pilihan temannya. Bila ke tempat yang tidak memiliki menu untuk vegan, Cantika bisa menunggu sampai semuanya selesai makan dan beli makanan di tempat lain.

Untungnya, sekarang sudah banyak restoran yang menawarkan menu vegan. Banyak juga yang memiliki pilihan untuk mengubah makanan yang sebelumnya menggunakan daging dengan sayuran, seperti sate dan bakso. Cantika juga kadang memasak sendiri di rumah untuk menu vegan, bahkan membuat resep sendiri. Ia mengatakan kalau menjadi vegan itu seru karena bisa mencoba banyak makanan baru yang sebelumnya tidak pernah dia makan.

Baca juga:Mira Lesmana Pernah Nyerah Jadi Vegan: Sttt ke Sophia Latjuba