Kebiasaan Gosip dan 6 Lainnya Wajib Dihindari di Kantor

Ilustrasi wanita bekerja. shutterstock.com

karir

Kebiasaan Gosip dan 6 Lainnya Wajib Dihindari di Kantor

Kamis, 4 April 2019 10:10 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Yunia Pratiwi

CANTIKA.COM, Jakarta - Bagi para pekerja sangat penting untuk memaksimalkan jam kerja di kantor secara maksimal. Namun terkadang kita tidak dapat melakukannya karena beberapa kebiasaan buruk yang membuat kita jadi tidak produktif.

Baca juga: Pentingnya Etika Bersalaman di Dunia Kerja

Ada beberapa kebiasaan buruk yang dimiliki seseorang saat bekerja di kantor, seperti terus-menerus memeriksa akun media sosial pribadi, mengobrol dengan teman melalui telepon atau Whatsapp. Sebab itu, sebaiknya menghindari perilaku tertentu bisa menghindarkan kita dari konflik dengan rekan kerja atau mencegah kita menciptakan masalah di lingkungan kerja.

Seperti dilansir dari laman Boldsky, berikut adalah 7 hal yang sebaiknya tidak Anda lakukan di tempat kerja.

#1. Bergosip Faktor utama yang kerap menjadi penyebab timbulnya konflik besar di tempat kerja di antara karyawan adalah gosip. Seseorang tentu akan kesal jika orang yang mereka kenal berbicara di belakang mereka atau mencoba mengkhianati kepercayaan mereka dengan membagikan informasi pribadinya kepada orang lain.

#2.  Suasana hati yang burukJangan membawa suasana hati yang buruk ke kantor. Kekuatan suasana hati negatif bisa menyebar dari satu orang ke orang lainnya. Jadi, jika Anda datang ke tempat kerja perasaan yang tertekan, kesuraman Anda dapat mempengaruhi produktivitas orang lain. Hal itu juga bisa mempengaruhi manajemen tim sekaligus semangat kerja. Ini cenderung mempengaruhi lingkungan kerja, karena emosi itu bersifat menular.

#3. Keseringan cek email Cek email yang masuk cukup sesekali saja, pada waktu tertentu. Jangan menggunakan e-mail kantor untuk mengirim pesan pribadi, apalagi yang bersifat rahasia.

#4. Asyik mengobrol Jika Anda terus berjalan dari satu kolega ke kolega lainnya hanya untuk mengobrol tak penting, ini bisa memberi Anda reputasi buruk di tempat kerja. Nah, jika ada seseorang mencoba membicarakan liburan akhir pekan mereka kepada Anda, pastikan untuk memotong omongannya dengan sopan. Memang dia tidak akan senang dengan ini, namun Anda perlu memberi perhatian pada etika kerja perusahaan.

#5. Menerima telepon pribadi Sebaiknya, jangan pernah menjawab panggilan telepon pribadi saat bekerja karena itu akan merusak konsentrasi Anda. Jika Anda menerima panggilan telepon pribadi di tempat kerja, pastikan untuk tetap singkat. Sebaiknya hindari mengobrol melalui telepon, karena orang di sekitar diam-diam akan mengamati waktu yang Anda habiskan untuk mengobrol di telepon daripada bekerja.

#6. Multitasking Multitasking adalah salah satu hal yang harus Anda hentikan di tempat kerja. Karena manusia tidak dirancang untuk melakukan lebih dari satu hal secara bersamaan dalam satu waktu, usaha semacam itu pasti akan membuat fokus terpecah belah.

#7. Komitmen berlebihanJangan pernah melakukan lebih dari apa yang bisa Anda lakukan. Jika Anda tidak punya waktu untuk melakukan proyek, bantulah diri Anda sendiri dengan mengatakan 'tidak'. Mencoba menolak permintaan dari keluarga, teman, atau klien Anda bisa menjadi sulit. Tapi ingat hal ini bisa berubah menjadi stres dan mungkin membuat Anda tidak punya waktu untuk diri sendiri.

LUCIANA