Tips Mendapatkan Tubuh yang Tegak dengan Tulang Belakang Sehat

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yayuk Widiyarti

google-image
Ilustrasi wanita berlatih yoga. shutterstock.com

Ilustrasi wanita berlatih yoga. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Anda pasti tak ingin punya tubuh yang bungkuk, apalagi di usia muda. Tubuh yang membungkuk dan tidak tegak bukan hanya kurang sedap dipandang tapi juga tak baik buat kesehatan. Postur yang kurang sempurna akan membuat leher dan bahu pegal.

Betapapun kesibukan yang harus dijalani, cobalah untuk tetap menjaga postur tubuh yang baik. Atur posisi duduk dan berdiri agar tidak membungkuk. India Times membagi beberapa cara untuk menjaga postur tubuh agar selalu tegak.

Baca juga:
Masih Muda tapi Sering Nyeri Punggung, Cermati Kebiasaan Berikut

#Duduk tegak
Usahakan untuk selalu duduk dalam posisi tegak saat bekerja dengan komputer.

#Latihan fisik
Tak perlu lama-lama, cukup 10 menit setiap hari untuk melakukan peregangan dan senam ringan. Tak perlu pula pelatih khusus, cukup menyontek dari video yang banyak terdapat di internet.

#Sejajarkan ponsel dengan wajah
Duduk sambil melihat ponsel sering dilakukan di sela-sela pekerjaan. Usahakan posisi ponsel berada di depan wajah sehingga kita bisa melihatnya dengan posisi tegak. Ponsel yang berada di depan perut atau dada akan membuat kita membungkuk saat melihatnya.

#Bernapas dengan benar
Bernapas yang benar dan efisien juga ikut membantu membentuk postur yang baik.

#Sejajarkan telinga dengan bahu
Postur yang baik adalah bila kedua telinga berada sejajar dengan bahu, bukan lebih maju atau ke belakang.

Ilustrasi wanita karier atau bekerja. shutterstock.com

#Perhatikan posisi tubuh
Selalu perhatikan posisi tubuh, jangan lengah sedikit pun, apakah itu ketika sedang bekerja, mengemudi, atau kegiatan lain yang melibatkan tulang punggung.

#Jangan menyilangkan kaki
Posisi yang tepat saat duduk adalah meletakkan kedua kaki di lantai, bukan menyilangkan salah satunya karena bisa menyebabkan saraf terpelintir.

#Yoga dan pilates
Latihan yoga dan pilates juga baik untuk membantu memperbaiki postur.

#Berdiri tegak
Cobalah untuk selalu berdiri dan berjalan dengan posisi badan tegak, bukan membungkuk atau tulang punggung melengkung seperti kurva.

#Gunakan bantal pembantu
Bantal khusus untuk membantu postur dan tulang belakang tetap tegak saat duduk bisa didapatkan di apotek atau toko peralatan medis. Bila sulit mendapatkan bantal ini, gulungan handuk yang diikatkan di sandaran kursi juga bisa membantu.

Artikel lain:

Dokter Ingatkan Bahaya Tidur Tengkurap dan Meringkuk

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."