10 Langkah Mengurangi Konsumsi Gula dalam 5 Hari

Ilustrasi makanan manis (pixabay.com)

kesehatan

10 Langkah Mengurangi Konsumsi Gula dalam 5 Hari

Senin, 25 Maret 2019 12:34 WIB
Reporter : Silvy Riana Putri Editor : Yunia Pratiwi

CANTIKA.COM, Jakarta – Apakah kamu mengidamkan makanan manis saat larut malam atau selalu mencari makanan bergula saat merasa bahagia, patah hati, bekerja, atau saat bosan? Maka bisa dibilang kamu mengalami kecanduan gula. Faktanya, kecanduan gula salah satu faktor yang meningkatkan risiko diabetes, obesitas, penyakit kardiovaskular, dan penyakit terkait obesitas di seluruh dunia.

Baca juga: Batasi Konsumsi Gula, Kontrol Makanan yang Mengandung Gula 

Organisasi kesehatan dunia atau World Health Organization (WHO) merekomendasikan batas konsumsi gula per hari adalah enam sendok teh saja. Tetapi menurut data American Heart Association, kebanyakan dari kita mengonsumsi lebih dari 22 sendok teh gula per hari. Jumlah tersebut sekitar 16% dari total kalori yang dikonsumsi.

Ubahlah kebiasaan-kebiasaan yang tanpa disadari memicu kecanduan gula. Apa saja caranya? Mengutip laman Style Craze, berikut ini 10 cara untuk mengurangi konsumsi gula dalam waktu lima hari.

#1. Pendekatan positifMelepaskan kecanduan gula bukan berarti kamu bisa langsung berubah tanpa gula sama sekali. Prosesnya sama seperti kecanduan lainnya, seperti alkohol maupun nikotin. Perubahan harus dilakukan secara bertahap diikuti dengan pemikiran bahwa pengurangan konsumsi gula untuk kesehatan. Pondasi itu penting untuk melandasi pemikiran agar tidak mudah tergoda ke depannya.

#2. Kurangi jumlah persediaan gulaLangkah selanjutnya untuk mencapai target pengurangan konsumsi gula dengan menyortir bahan-bahan yang manis di dapur. Selain gula, kamu juga harus berhati-hati tentang "gula tak terlihat" di berbagai makanan olahan, singkirkan sesegera mungkin. Buah-buahan juga mengandung gula buah atau fruktosa, yang juga menjadi pemicu terjadinya kecanduan gula. Sebaiknya hanya simpan beberapa buah di dalam kulkas. Jangan pula menyimpan cokelat susu, jus buah dalam kemasan, air dengan pemnais, madu, susu sapi, biji-bijian olahan, buah-buahan kering, sereal sarapan, makanan siap saji, alkohol, dan biskuit.

3. Hilangkan kebiasaan yang memicu kecanduan gulaBiasanya kebiasaan turut memicu kecanduan gula yang dialami, misalnya menonton film harus dengan semangkuk popcorn dan minuman soda. Cobalah mencari tahu kebiasaan apa saja yang mendorongmu untuk mengonsumi makanan manis secara berlebihan. Apakah saat merasa lapar di tengah malam menginginkan es krim atau coklat? Atau apakah kamu merasa perlu makan buah usai makan siang atau makan malam? Tulislah daftar kebiasaan yang memicumu mengonsumsi makanan serba manis, agar bisa digantikan dengan pola kegiatan yang sehat.

4. Berani katakan tidakLangkah berikutnya adalah berani berkata tidak untuk godaan gula berlebihan. Tolaklah dengan sopan saat teman atau anggota keluarga menawarkan makanan manis. Kamu tidak bisa lepas dari gula, terutama ketika berbagai hidangan pencuci mulut baru di acara pesta atau ulang tahun. kendalikan diri Anda dengan mengucapkan suara “tidak” yang keras di dalam kepala Anda. Ketika Anda melakukan ini secara terus-menerus, Anda dapat mengendalikan diri, sekalipun Willy Wonka menawarkan Anda sepotong cokelat.

Selengkapnya, 5. Konsumsi masakan rumah