Siapa Bilang Yogurt Berbahaya buat Penderita Maag? Ini Faktanya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yayuk Widiyarti

google-image
Ilustrasi yogurt. Wikipedia.org

Ilustrasi yogurt. Wikipedia.org

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Ilmuwan nutrisi Dr. Matthew Blaylock, PhD., membantah mitos yang menyebutkan bahwa makanan pedas bisa menyebabkan radang lambung atau maag.

"Makanan pedas sebabkan maag itu cuma mitos, maag itu justru disebabkan makanan tercemar oleh bakteri ganas bernama Helicobacter pylori," ujar ilmuwan nutrisi sekaligus dosen pascasarjana Universitas Ciputra Surabaya, Matthew Blaylock.

Blaylock mengatakan Helicobacter pylori itu sejenis bakteri yang masuk ke dalam lambung dan bisa menghilangkan lapisan mukosa di dalamnya. Akibatnya, lambung menjadi radang atau bisa lebih parah menjadi tukak lambung.

Artikel lain:

Ketahui Manfaat Yoghurt untuk Kesehatan, Kurangi Risiko Diabetes

Di dalam presentasinya seputar manfaat dan kebaikan yogurt di Artotel Jakarta, Selasa, 19 Maret 2019, Blaylock menyarankan pentingnya penderita sakit maag agar mengonsumsi yogurt.

"Konsumsi yogurt bisa menghilangkan sakit maag karena kandungan bakteri baik dalam yogurt bisa melawan bakteri yang ganas sehingga bisa mengembalikan keseimbangan yang dibutuhkan tubuh," jelasnya.

berry yogurt smoothie bowl (Tabloidbintang.com)

Blaylock juga menampik adanya pendapat bahwa kandungan asam pada yogurt memperburuk penyakit maag.

"Justru bagi penderita maag ringan, konsumsi yogurt 500 mililiter per hari sudah cukup mengatasi masalah penyakit maag ringan," ujarnya

Menurut berbagai penelitian, bakteri Bifidobacterium, Lactobacillus acidophilus, dan Lactobacillus casei dalam yogurt dapat lolos dari asam lambung dan mencapai usus besar serta berkembang biak menekan pertumbuhan bakteri jahat, sehingga pencernaan menjadi lebih sehat. Namun, jika sakit maag tergolong parah, Blaylock mengatakan dokter akan menyarankan penderita untuk mengonsumsi obat jenis antibiotik.

Baca juga:
Penggemar Ayam dan Yoghurt, Wajib Coba Resep Tandoori Chicken

 
Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."