Alasan Tak Baik Pakai Lensa Kontak Setiap Hari

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yayuk Widiyarti

google-image
Agar Lensa Kontak Tidak Bikin Mata Rusak

Agar Lensa Kontak Tidak Bikin Mata Rusak

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kebanyakan perempuan dengan permasalahan mata minus memilih untuk menggunakan lensa kontak karena selain dapat membantu mengatasi masalah penglihatan juga memiliki desain yang bermacam-macam dan dapat mempercantik mata.

Namun, sangat tidak disarankan untuk menggunakan lensa kontak setiap hari karena lensa kontak ternyata memiliki efek samping terhadap kesehatan mata jika digunakan setiap hari.

Artikel lain:
Langkah Utama Maksimalkan Makeup untuk Pemakai Lensa Kontak

#Infeksi
Bahaya pertama yang akan menghantui Anda yang menggunakan lensa kontak setiap hari adalah infeksi pada mata. Mata memang merupakan bagian tubuh yang sangat rentan. Infeksi pada mata biasanya berupa iritasi dan terjadi pada hampir seluruh pengguna lensa kontak karena ada masanya kita lupa memastikan tangan dan lensas sudah dalam keadaan benar-benar steril. Tidak hanya itu, karena rasa malas dan lupa, kita seringkali tidak memperhatikan tanggal kadaluarsa dari dan hal tersebut sangat berbahaya.

#Mata terasa seperti terbakar
Bahaya kedua dari menggunakan lensa kontak setiap hari adalah mata terasa seperti terbakar, biasanya saat mencoba memakai lensa. Mata adalah organ tubuh yang sangat sensitif, setiap kita membuka mata dan mencoba menempelkan lensa, maka akan ada partikel kecil debu yang juga ikut menempel.

#Mata terasa kering
Penggunaan lensa kontak setiap hari juga akan meningkatkan kemungkinan kondisi mata terasa kering karena adanya penguapan air mata atau kelenjar mata yang mengering dan hal ini sangat lumrah terjadi bagi banyak pengguna lensa kontak.

Baca juga:

Tips agar Lensa Kontak Selalu Aman dan Nyaman saat Dipakai

#Deposit cairan mata
Cairan intraokular yang asalnya dari lensa kontak mendapatkan deposit dari retina. Cairan ini akan memicu infeksi pada mata dan biasanya terjadi terutama buat yang menggunakan lensa kontak setiap hari.

#Alergi
Pemakaian lensa kontak setiap hari juga akan memicu terjadinya alergi pada mata. Beberapa orang mengalami alergi saat memakai lensa kontak dan sama sekali tidak menyadarinya. Alergi ini ditandai biasanya dengan kondisi mata yang memerah. Jika terus dibiarkan tentu mata akan menjadi iritasi.

TEEN

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."