Sheet Mask Aman Digunakan Setiap Hari, Tapi Ada Syaratnya

Reporter: Cantika.com
Editor: Yunia Pratiwi
Kamis, 14 Maret 2019 16:45 WIB
Sheet Mask Aman Digunakan Setiap Hari, Tapi Ada Syaratnya

CANTIKA.COM, Jakarta - Salah satu rutinitas perawatan kulit yang tak pernah dilewatkan wanita Korea adalah menggunakan sheet mask. Mereka menggunkan lembaran kertas yang berisi serum atau essence itu siang dan malam hari. 

Baca juga: Pakai Sheet Mask di Pesawat Terbang, Perhatikan Dulu Hal Ini

Pemakaian sheet mask dengan kandungan bahan tertentu dipercaya dapat bermanfaat untuk kulit wajah. Misalnya membuat kulit wajah menjadi sehat, lembut, bercahaya, dan bebas dari jerawat.

Menurut para ahli, sheet mask aman digunakan setiap hari. "Ya, tidak apa-apa menggunakan sheet mask setiap hari asalkan tidak mengandung asam glikolat,” ujar dermatolog Elizabeth Tanzi, seperti dikutip dari Allure. Biasanya bahan asam glikolat terdapat di dalam sheet mask yang berlabel “anti penuaan,”, yang diformulasikan untuk pengelupasan kulit.

Sedangkan asam glikolat terlalu kuat untuk pemakaian sehari-hari dan bisa menyebabkan iritasi. Hal senada juga dikemukanan oleh dermatolog Debra Jaliman. Dia mengingatkan bahwa untuk kulit berjerwarat sheet mask tidak perlu digunakan setiap hari. "Terkadang bisa memperparah jerawat karena bersifat oklusif dan bisa menyumbat pori-pori," ujarnya. Hal ini dapat menyebabkan bakteri tumbuh pada kulit.

Sebagai gantinya, Debra Jaliman merekomendasikan untuk kulit berjerawat menggunakan sheet mask hanya seminggu sekali. Jika tidak berjerawat sheet mask dapat digunakan setiap hari untuk menghidrasi kulit. “Sheet mask untuk kulit tidak berjerawat dapat mendorong bahan ke dalam kulit,” ujarnya.

Lebih lanjut, Debra Jaliman menambahkan bahwa sheet mask adalah pilihan yang baik untuk kulit sensitif, karena memiliki lebih sedikit pengawet. Kemungkinan untuk iritasi juga lebih sedikit. Debra menyarankan jika Anda ingin mencoba menggunakan sheet mask, pilih yang mengandung ceramide, squalene, hyaluronic acid, rice bran oil atau bekatul, dan minyak macadamia, saran Jaliman.

Semua bahan itu dapat melembabkan kulit. Jika ingin mencerahkan pilih sheet mask harian yang mengandung niacinamide, vitamin C dan ekstrak akar licorice.