Jangan Langsung Tidur setelah Makan, Ini Bahayanya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yayuk Widiyarti

google-image
Ilustrasi tidur. Shutterstock

Ilustrasi tidur. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kebiasaan tidur tepat setelah makan ternyata bisa berbahaya. Setelah makan memang biasanya kita akan merasa mengantuk.

Namun, jika kita terus-menerus melakukan kebiasaan tidur tepat setelah makan ternyata bisa menimbulkan bahaya bagi tubuh. Berikut di antaranya.

Artikel lain:
Makna Kenyang yang Bikin Anak Nyenyak Tidur di Malam Hari
Perempuan Lebih Baik Tidur Sendiri, Ketahui Sebabnya

#Gangguan pencernaan 
Gangguan pencernaan sangat sering terjadi jika kita langsung tidur setelah makan. Makanan yang dimakan seharusnya masuk ke lambung, tapi jika kita tidur bisa berbalik kembali ke tenggorokan dan mulut dan membuat mual, muntah, hingga bisa menyebabkan maag.

#Membuat berat badan cepat naik
Makanan yang dikonsumsi akan diproses oleh tubuh selama beberapa saat. Namun jika setelah makan kemudian langsung tidur maka tubuh tak bisa memproses makanan dengan benar. Hasilnya, tubuh akan menyimpan kalori dari makanan itu menjadi lemak. Jadi, jika kebiasaan ini terus dilakukan maka berat badan semakin cepat bertambah.

#Risiko terkena penyakit jantung lebih besar
Penyakit jantung adalah salah satu yang paling ditakuti. Risiko terkena penyakit ini bisa semakin tinggi jika kita tidak memedulikan pola makan dan tidur. Jika berat badan semakin naik karena selalu tidur setelah makan, maka bisa terjadi penyempitan pembuluh darah hingga menyebabkan serangan jantung.

TEEN

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."