Lip Balm Tak Bikin Kecanduan, Cek 4 Fakta Lainnya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yayuk Widiyarti

google-image
Ilustrasi lip balm. boldsky.com

Ilustrasi lip balm. boldsky.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Lip balm adalah salah satu produk kecantikan yang sering digunakan oleh para perempuan. Bahkan, pemakaian lip balm tidak bisa dipisahkan dari rutinitas sehari-hari.

Ketika bibir pecah-pecah atau kering, solusi yang paling dicari adalah menggunakan lip balm. Tapi, ada lima fakta menarik seputar lip balm yang mungkin tidak Anda sadari. Berikut di antaranya.

Baca juga:
3 Manfaat Lip Balm Selain Melembapkan Bibir

1. Tidak melembabkan
Lip balm sebenarnya tidaklah melembabkan kulit atau bibir. Produk tersebut hanya mengunci kelembaban di bibir. Lip balm pada dasarnya menciptakan lapisan pada bibir sehingga menyegel kelembabannya agar tidak hilang. Dengan demikian, bibir akan tetap terasa lembut sepanjang hari, terutama saat cuaca dingin dan kering. Oleh karena itu, lip balm baik digunakan setiap hari.

2. Tidak masalah menjilat lip balm
Beberapa orang memiliki kebiasaan menjilat bibir, bahkan ketika menggunakan lipstik atau lip balm sekalipun. Para ahli mengatakan bahwa menjilat lip balm cukup aman, tidak ada masalah kesehatan yang dapat ditimbulkan selain sakit perut ringan. Namun karena lip balm bukan makanan, sebaiknya tidak untuk dikonsumsi.

3. Lip balm tidak membuat kecanduan
Beberapa orang pasti pernah berpikir mulai kecanduan lip balm dan tidak bisa keluar rumah tanpanya. Faktanya, lip balm tidak memiliki kandungan yang membuat ketagihan. Para ahli justru mengatakan bahwa berlebihan menggunakan lip balm akan membahayakan bibir untuk jangka panjang dan menyebabkan iritasi.

4. Tak hanya untuk bibir
Lip balm tidak hanya berfungsi untuk bibir. Produk ini juga bisa digunakan pada area sekitar hidung, kutikula, atau area lain yang terasa kering. Selain itu, lip balm juga bisa digunakan untuk mengatur bentuk alis.

5. Memiliki tanggal kadaluwarsa
Sama seperti semua produk kecantikan lain, lip balm juga memiliki tanggal kadaluwarsa. Jika lip balm atau produk kecantikan lain sudah memasuki tanggal kadaluwarsa, lebih baik segera buang karena dapat membahayakan kulit.

Artikel lain:

Venus Luncurkan Lip Cream Sehat, Perhatikan Cara Pakainya

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."