Baju Sempit setelah Dicuci, Atasi dengan Tips Berikut

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yayuk Widiyarti

google-image
Ilustrasi fitting baju. SHutterstock

Ilustrasi fitting baju. SHutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Anda mungkin pernah mengalami baju menyusut setelah dicuci. Beberapa jenis bahan pakaian seperti rajut, jeans, wol, sifon, atau katun memang rentan mengalami penyusutan, terutama saat penyucian pertama.

Selain itu, cara mencuci yang salah, seperti suhu air yang tidak tepat atau terlalu kuat mengucek juga dapat membuat baju menyusut dari ukuran semula. Jika baju tiba-tiba mengecil setelah dicuci, jangan panik dulu. Ikuti tips berikut dan gunakan empat bahan ini untuk mengatasinya.

Artikel lain:

Tips Penampilan Tetap Oke di Usia 40-an

#Air hangat
Celana jeans biasanya mengkerut pada bagian pinggang atau paha. Perubahan ukuran ini tentu membuat kita tidak nyaman saat memakainya padahal berat badan tidak bertambah.

Untuk membuat celana jeans kita melar lagi, cukup rendam dengan air hangat selama 15 menit kemudian melarkan bagian-bagian yang menyempit, atau bisa juga memakai jeans dalam keadaan basah selama beberapa menit. Setelah cukup meregang, jemur celana sampai kering.

#Cuka
Meski cuka sering dianggap sebagai bahan yang dapat merusak serat pakaian dari bahan sintetis ataupun katun, reaksinya berbeda jika kita gunakan untuk baju berbahan wol dan kasmir. Cuka justru dapat melembutkan serat pakaian. Jadi jika baju wol atau kasmir menyusut, kita bisa merendamnya dengan campuran air hangat dan cuka dengan takaran 2 sendok makan cuka per liter air selama 15-20 menit. Bentangkan baju, lalu masukkan handuk kering, gulung baju bersama handuk agar serat kainnya mulai mengendur. Tarik dan regangkan baju kemudian jemur hingga kering.

Baca juga:

Tips Menyimpan Roti agar Lebih Awet

#Kondisioner
Tak hanya berfungsi sebagai pelembut rambut, kondisioner ternyata juga ampuh melembutkan serat pakaian, terutama berbahan katun, sehingga bisa mengembalikan ukuran baju yang menyusut. Caranya cukup campur satu sendok makan kondisioner dengan 1 liter air hangat, aduk hingga cukup berbusa. Rendam baju katun selama 30 menit kemudian angkat, peras, dan bentangkan di atas handuk kering kemudian gulung bersama. Selanjutnya jemur baju tanpa membilasnya terlebih dahulu.

#Sampo bayi
Berbeda dengan deterjen, sampo bayi lebih banyak pelembabnya sehingga dapat mengendurkan serat pakaian, terutama baju berbahan rajut. Untuk mengembalikan baju rajut ke ukuran semula, cukup rendam baju dengan campuran air dingin dan sampo bayi selama 30 menit, lalu cuci dan jemur baju seperti biasa.

TEEN

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."