Ingin Menikah Muda? Pertimbangkan Dulu Hal-hal Berikut

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yayuk Widiyarti

google-image
ilustrasi pernikahan muda (pixabay.com)

ilustrasi pernikahan muda (pixabay.com)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Banyak wanita sekarang memutuskan untuk menikah muda. Ada pula yang menunggu sampai siap lahir batin untuk melakukannya.

Usia menikah muda itu relatif sehingga penafsirannya pun berbeda-beda. Ada yang menganggap menikah muda itu di usia produktif (17-35 tahun), usia subur (20-30 tahun), atau bahkan remaja (15-25 tahun). Tapi, tak sedikit pula yang menafsirkan usia 17-23 tahun.

Dalam buku “16 Kunci Rahasia Menjemput Jodoh” tulisan M. Ferry Wong dan Turmudi Hudri, dijelaskan beberapa keuntungan dan kerugian menikah muda. Berikut beberapa keuntungannya.

Artikel lain:
Sisi Positif Jika Menikah Tanpa Pesta
Menikah Secara Sederhana Lebih Sehat untuk Hubungan dan Kantongmu

*Usia produktif
Umur 17-23 tahun adalah masa yang masih penuh energi dan semangat. Kalangan medis pun menyebut usia 20-an adalah saat terbaik untuk bereproduksi karena keadaan sang ibu dalam kondisi prima.

*Saling dukung
Manusia membutuhkan teman berbagi dalam suka dan duka. Dengan memiliki suami atau istri, pasangan itu pun bisa saling bercerita dan mendukung, berdiskusi, bertukar ilmu, pengetahuan, dan kemampuan.

*Hati tenang
Istri dan anak adalah penyejuk hati dan tempat curahan kasih sayang.

*Lebih dewasa
Kita melihat adanya perubahan perilaku dari orang-orang yang telah menikah. Mereka menjadi lebih dewasa, bertanggung jawab, dan berkomitmen dalam hidup.

*Menghemat
Dengan menikah di usia muda, orang bisa terhindar dari penghamburan uang dan waktu. Ketika masih lajang, biasanya orang suka berkumpul dengan teman-teman dan menghabiskan banyak uang. Tapi saat sudah berkeluarga, mereka lebih memilih menghabiskan waktu di rumah bersama orang-orang tercinta.

Ilustrasi pernikahan. (Pixabay.com)

Sementara beberapa kerugiannya adalah:
#Ego masih tinggi
Mereka yang berusia 17-23 tahun masih dalam tahap beranjak dewasa dan labil, tingkat kematangan dan emosi belum stabil. Bila suami dan istri tidak pandai mengendalikan emosi, yang ada seperti batu melawan batu.

#Berkurangnya me time
Sebelum menikah, banyak orang yang memiliki banyak waktu untuk berkumpul dan bersenang-senang dengan teman-teman, menikmati waktu sendiri atau me time, serta berkelana. Setelah menikah, semua kesenangan itu sulit untuk dilakukan lagi.

#Cita-cita jadi korban
Sebelum menikah, ada orang yang ingin berkeliling dunia, menuntut ilmu setinggi-tingginya, bekerja di luar negeri, dan sebagainya. Setelah menikah, banyak pertimbangan yang harus diambil sebelum memutuskan sesuatu dan cita-cita pun harus dikorbankan demi kepentingan keluarga.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."