Manfaat Prosedur Embolisasi Ginjal yang Dilakukan Melania Trump

Ibu negara Melania Trump, memanen daun bawang segar bersama dengan siswa dari Boys and Girls Clubs of Greater Washington di Gedung Putih, Washington, 22 September 2017. REUTERS/Jonathan Ernst

kesehatan

Manfaat Prosedur Embolisasi Ginjal yang Dilakukan Melania Trump

Rabu, 23 Mei 2018 18:37 WIB
Reporter : Astari Pinasthika Sarosa Editor : Yunia Pratiwi

CANTIKA.COM, Jakarta - Ibu Negara Amerika Serikat, Melania Trump, baru saja menjalani perawatan untuk kondisi benign atau tumor jinak pada ginjal. Pada hari Senin, 14 Mei 2018, Gedung Putih mengeluarkan pernyataan bahwa Melania Trump menjalani perawatan di Pusat Medis Militer Nasional Walter Reed di Bethesda, Maryland, Amerika Serikat.

Selama beberapa hari menjalani perawatan, kini Melania Trump sudah keluar dari rumah sakit. Mengutip laman Today, prosedur perawatan yang dilakukan Melania Trump digunakan untuk memotong suplai darah di pembuluh darah untuk mencegah perdarahan atau untuk memblokir aliran darah ke tumor. Ini juga dapat digunakan untuk menghentikan aliran darah jika aneurism, kelemahan dalam dinding pembuluh darah, memiliki risiko untuk meledak.

Menurut pernyataan resmi Gedung Putih, prosedur itu berhasil dilakukan dan tidak ada komplikasi. "Ibu negara mengharapkan pemulihan penuh sehingga dia dapat melanjutkan pekerjaannya atas nama anak-anak di mana pun," bunyi pernyataan tersebut.

Artikel lainnya:6 Tampilan Super Mahal Melania Trump saat Perjalanan Dinas Gaya Melania Trump Saat Kunjungi Toko Mutiara di TokyoGaya Melania Trump Rayakan Natal Bersama Anak Militer

Melania Trump, bermain dengan pasien anak-anak saat berada di Rumah Sakit Anak Cincinnati di Cincinnati, 5 Februari 2018. REUTERS/ John Sommers II

Belum ada rincian tentang bagaimana prosedur itu dilakukan dari Gedung Putih. Kontributor medis NBC News, Dr. Natalie Azar menjelaskan mengapa ibu negara membutuhkan perawatan atau prosedur embolisasi ginjal ini. Ginjal adalah organ yang kompleks dan embolisasi dapat digunakan untuk mengobati berbagai kondisi, dari pertumbuhan hingga perdarahan.

"Alasan untuk melakukan embolisasi ginjal adalah benar-benar memotong suplai darah dari salah satu arteri di ginjal," kata Azar. Dalam kasus tumor jinak, hal tersebut dapat asimtomatik atau dapat menyebabkan sakit punggung atau darah di urin. Seringkali, spons gelatin khusus atau bahan lain disuntikkan melalui tabung fleksibel untuk menyumbat pembuluh darah. Ini adalah prosedur umum, dan pasien biasanya hanya harus istirahat di rumah sakit satu malam setelah prosedur.